STRATEGI MARKETING MIX WISATA BAHARI LAMONGAN (WBL) GUNA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN
Keywords:
Marketing Mix, Wisata, KunjunganAbstract
Wisata Bahari Lamongan (WBL) adalah tempat wisata bahari yang terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak tanggal 14 Nopember 2004. Wisata Bahari Lamongan dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati sebuah perusahaan patungan Pemkab Lamongan dengan PT Bunga Wangsa Sejati. Wisata Bahari Lamongan memiliki berbagai wahana yang menarik dan dengan harga yang terjangkau menjadikan wisata ini banyak diminati dan menyerap banyak pengunjung. Namun demikian hal ini tidak terlepas dari strategi marketing mix yang dilakukan oleh stakeholders terkait. Karena itu dalam penelitian ini, kami akan melakukan analisis strategi marketing mix objek Wisata Bahari Lamongan dengan menerapkan metode 7P (product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing mix Wisata Bahari Lamongan guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Sedangkan dalam pelaksanaannya menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisa data Model Miles dan Huberman yaitu aktivitas análisis data reduction, data display dan conclusión drawing/verivication. Selain itu penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber yaitu membandingkan atau mengecek ulang derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pihak marketing Wisata Bahari Lamongan telah menerapkan tahapan tahapan dalam marketing mix secara maksimal, hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan di obyek Wisata Bahari Lamongan yang mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Dan walaupun masih ada beberapa hambatan dan kendala yang dihadapi bisa diminimalisir dengan adanya strategi komunikasi yang efektif sehingga sampai saat ini obyek Wisata Bahari lamongan tetap bisa menjadi wisata andalan di Lamongan.
References
Salah Wahab., Manajemen Kepariwisataan (Terj. Frans Gomang), Pradnya Paramita, Jakarta, 2008
Suharsimi arikunto, Metode Penelitian Kualitatif, Gramedia, Jakarta, 2010
UU No 10 Tahun 2010 tentang Wisatawan