UJI TEORI: PECKING ORDER, TRADE-OFF DAN MARKET TIMING PADA STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIC DI INDONESIA

Authors

  • Laely Aghe Africa STIE Perbanas Surabaya
  • Avi Sunani STIE Perbanas Surabaya

Keywords:

Struktur Modal, Pecking Order, Trade-Off, Market Timing, Perbankan

Abstract

Struktur modal berdampak pada jangka pendek dan jangka panjang, dimana pendanaan yang diberikan dari perbankan tidak terlepas dari tersedianya dana dari pihak ketiga tabungan, giro dan deposito, Masuknya dana pihak ketiga harus berimbang dengan dana yang disalurkan oleh perusahaan. Oleh karena itu dalam hal kebijakan manajemen menentukan posisi dan komposisi pendanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan dari beberapa teori struktur modal yaitu Pecking Order Theory, Trade-Off Theory dan Market Timing Theory, dimana untuk Pecking Order Theory variabelnya diwakili oleh defisit pendanaan, hutang jangka panjang dan total hutang, Trade-Off Theory variabelnya diwakili oleh tangible asset, growth, size, profitabilitas, total hutang dan hutang jangka panjang dan Market Timing Theory variabelnya diwakili oleh Equity Finance Wighted average of market to book ratio dan Leverage ratio. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 data Bank Go Public tahun 2011 sampai 2015, data diperoleh dengan cara purposive sampling dari bank yang terdaftar di www.idx.go.id. Regresi Liner Berganda digunakan dalam menganalisa data menggunakan SPSS IBM 23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Trade-Off dan Market Timing Theory yang diterapkan. Hasil penelitian dapat menambah beberapa implikasi untuk para manajemen bank menetapkan struktur modal.

References

Baker, M., & Wurgler, J. (2002). Market Timing and Capital Structure. The Journal of Finance, 57(1). 1-32.
Frank, Z. Murray and Goyal, K.Vidhan. (2003). Testing The Pecking Order Theory Of Capital Structure. Journal Of Financial Economics 67. 217-248.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang Edisi Kelima Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jahanzeb, Agha., Rehman Saif-Ur., Bajuri, Norkhairul Hafiz., Karami Meis-am and Ahmadimousaabad Aiyoub. (2014). Trade-Off Theory, Pecking Or-der Theory and Market Timing Theory : A Comprehensif Review Of Capital Structure Theory. L Of International Journal Of Management and Commerce Innovation. Vol (1) 1, 11-18)
Miswanto. (2013). Market Timing Dan Pengaruhnya Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan manufaktur Indonesia yang IPO tahun 2000-2008. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 17 (1). 69-79.
Myers, S. C., & Majluf, N. S. (1984). Corporate financing and investment decisions when firms have information that investors do not have. Journal of Financial Economics, Vol. 13(2). 187-221.
Myers, S. C. (2003). Financing of Corporations. In G. Constantinides, M. Harris, & R. Stulz (Eds.), Handbook of the Economics of Finance: Corporate Finance. Amsterdam, North Holland: Elsevier. pp. 215–253.
Pudak Sari, Ni Putu Ayu. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 7 (1). 33-47.
Rajan, RG. and L. Zingales.1995. What Do We Know about Capital Structure? Some Evidence from International Data. Journal of Finance. 50 (5).
Ross, Westerfield dan Jordan. 2009. Corporate Finance Fundamentals Edisi Kedelapan. Terjemahan Oleh Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.
Tsuji, Chikasi. (2011). An International Survey Of The Evidence On The Pecking Order Theory Of Corporate Financing. Business and Economic Re-search. Vol 1 (I). 1-13.
Vatayu, Sorana. (2012). Trade-Off Versus Pecking Order Theory In Listed Companies Around The World. Annals Of The University Of Petrosani, Eco-nomics., vol 12 (2). 285-292.
Weston dan Copeland. 2010. Managerial Finance Edisi Kesembilan. Ter-jemahan Oleh Jaka Wasana. Jakarta: Binarupa Aksara.
Xu, Z. 2009. The Impact of marketing Timing on Canadian and US Firm’s Capital Structure. Working Paper. Bank of Canada.
Yuliati, Sri (2011). Pengujian Pecking Theory: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Industri Manufaktur Di Bursa BEI Periode Setelah Krisis Moneter. Politeknosains, Vol X (1). 56-79
www.bi.co.id
www.idx.co.id

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Laely Aghe Africa, & Avi Sunani. (2017). UJI TEORI: PECKING ORDER, TRADE-OFF DAN MARKET TIMING PADA STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIC DI INDONESIA. Prosiding SNasPPM, 2(1), 113–120. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/93