PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Authors

  • Irma suryani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Warli Warli Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika pada materi bangun ruang sub bab kubus dan balok berdasarkan kemampuan matematika siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tulis kemampuan komunikasi matematika dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, and conclusion drawing/verivication. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 subyek, yakni 2 subyek berkemampuan matematika tinggi dan 2 subyek berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukka bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Palang ditinjau dari kemampuan matematika: (a) Profil kemampuan komunikasi pada siswa berkemampuan tinggi memenuhi semua indikator komunikasi matematika, yaitu; (1) Kemampuan menyatakan dan mengekspresikan situasi, benda nyata, dan gambar ke dalam bahasa, simbol, ide atau model matematika, dan menggunakan bahasa sendiri.(2) Kemampuan menyatakan, mengekspresikan dan melukiskan ide-ide matematika ke dalam bentuk gambar, grafik atau model matematika visual. (3) Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika dan gambar untuk menyajikan ide matematika dan menyelesaikan suatu masalah matematika., (b) Profil kemampuan komunikasi pada siswa berkemampuan rendah hanya memenuhi 1 indikator komunikasi matematika, yaitu; (1) Kemampuan menyatakan dan mengekspresikan situasi, benda nyata, dan gambar ke dalam bahasa, simbol, ide atau model matematika, dan menggunakan bahasa sendiri.

References

[1] A. A. Genlott and Å. Grönlund, “Closing the gaps - Improving literacy and mathematics by ict-enhanced collaboration,” Comput. Educ., vol. 99, pp. 68–80, 2016, doi: 10.1016/j.compedu.2016.04.004.
[2] H. Awang and Z. Daud, “Improving a Communication Skill Through the Learning Approach Towards the Environment of Engineering Classroom,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 195, pp. 480–486, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.06.241
[3] R. R. Ahmad et al., “Improving Mathematics Performance Via BIJAK,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 59, pp. 697–703, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.333.
[4] G. A. Parim and D. S. Sahiner, “The Communication Styles Used by Teachers in Numerical Lessons,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 116, pp. 2485–2488, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.597.
[5] S. Sumirattana, A. Makanong, and S. Thipkong, “Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy,” Kasetsart J. Soc. Sci., vol. 38, no. 3, pp. 307–315, 2017, doi: 10.1016/j.kjss.2016.06.001.
[6] M. A. Rasyid, “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Edukasi Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 77–86, 2020, doi: 10.51836/je.v5i1.116.
[7] S. M. Jacob, “Mathematical achievement and critical thinking skills in asynchronous discussion forums,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 31, no. 2011, pp. 800–804, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.12.144.
[8] A. Mahmood, M. F. Othman, and Y. M. Yusof, “A Conceptual Framework for Mathematical Ability Analysis through the Lens of Cultural Neuroscience,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 56, no. January 1992, pp. 175–182, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.644.
[9] S. Firouzian, Z. Ismail, R. A. Rahman, and Y. M. Yusof, “Mathematical Learning of Engineering Undergraduates,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 56, no. Ictlhe, pp. 537–545, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.686.
[10] B. Jonsson, M. Norqvist, Y. Liljekvist, and J. Lithner, “Learning mathematics through algorithmic and creative reasoning,” J. Math. Behav., vol. 36, pp. 20–32, 2014, doi: 10.1016/j.jmathb.2014.08.003.
[11] O. Klochkova, E. Komochkina, and A. Mustafina, “‘Triad’ Strategy as an Effective Way of Developing Professional Communication Skills of Physics and Mathematics Students,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 236, no. December 2015, pp. 271–276, 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.12.028.

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

suryani, I., & Warli, W. (2021). PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Prosiding SNasPPM, 6(1), 476–484. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/945