PENGARUH INTEGRASI METODE HYPNOTEACHING DAN MULTIPLE INTELLIGENCE DAN PELATIHAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Anna Marganingsih STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Emilia Dewiwati Pelipa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Keywords:

Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence, Pelatihan Keterampilan Berwirausaha, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan bahwa jumlah wirausahawan di Indonesia masih rendah karena belum mencapai 2%. Rendahnya jumlah wirausahawan mengindikasikan respon masyarakat terhadap persaingan bisnis masih kurang. Jiwa kewirausahaan dapat ditumbuhkan melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi. Materi-materi pada mata kuliah kewirausahaan dirancang untuk membekali mahasiswa memiliki kemampuan berwirausaha. Agar penguasaan materi dapat optimal yang tercermin dari hasil belajar mahasiswa, penyampaian materi dapat dilakukan menggunakan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence dan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence dan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha secara parsial dan secara simultan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif bentuk eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester IV semua Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Tahun Akademik 2016/2017 yang berjumlah 42 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan, ditunjukkan dengan t hitung 2,113 lebih besar dari tabel 2,023; terdapat pengaruh Pelatihan Keterampilan Berwirausaha terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewirausahaa ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,055 lebih besar dari t tabel 2,023; terdapat pengaruh secara simultan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence dan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang ditunjukkan dengan nilai F hitung 11,006 lebih besar dari F tabel (0,05;2;39) sebesar 3,24.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Darpujianto. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha pada mahasiswa STIE dan STMIK ‘ASIA’ Malang. Jurnal JIBEKA Volume 8 No1 Febuari 2014. Diakses 19 Mei 2016
Dedi, Kansas. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http://.dedi26.blogspot.com/2013/01/.html. Diakses tanggal 12 Febuari 2014
Hajar, Ibnu. 2011. Hypnoteaching: Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: Diva Press
Jasmine, Julia. 2012. Metode Mengajar Mulitiple Intelligence. Bandung: Nuansa Cendikia
Lestari, Retno Budi. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP dan STIE MUSI. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Vol 1 No. 2. Maret 2012. Diakses 6 Mei 2016
Lucy, Bunda dan Ade Julius Rizky. 2012. Dahsyatnya Brain Smart Teaching. Jakarta: Penerbit Plus
Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia
Noname. http://uai.ac.id/2013/07/20/5-keterampilan-yang-harus-dimiliki-calon-pengusaha-sukses/. Diakses tanggal 20 Mei 2016
Setiyoprajoko.2010. Hypnoteaching Cara Pembelajaran dengan Mengoptimalkan Kemampuan Otak. http://setiyoprajoko.blogspot.com/2010/07/hypnoteaching-cara-pembelajaran-dengan.html. Diakses Tanggal 7 April 2013
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah B. dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran sebuah Konsep Pembelajran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara
Wong, Willy & Andri Hakim. 2010. Dahsyatnya Hipnosis. Jakarta: Visimedia
Suharti. , Lieli. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 13, No.2. Septermber 2011. Hal 124-134. Diakses 26 April 2016
Susanto, Hadi. 2005. Penerapan Multiple Intelligence dalam Sistem Pembelajaran. http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.67-75PenerapanMultiple Intillegence dalam Sistem Pembelajaran.pdf. Diakses Tanggal 12 Desember 2013

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Anna Marganingsih, & Emilia Dewiwati Pelipa. (2017). PENGARUH INTEGRASI METODE HYPNOTEACHING DAN MULTIPLE INTELLIGENCE DAN PELATIHAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Prosiding SNasPPM, 2(1), 127–132. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/95