IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DI PAUD TERPADU AL FAJR CEPU

Authors

  • Anindya Purnama Universitas PGRI Ronggolawe
  • M. Imron Abadi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Abidatul Chasanah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran, PAUD

Abstract

Pendidikan inklusi adalah suatu model pendidikan yang menganggap semua anak sebagai benda yang berharga dalam kebersamaan masyarakat terlepas dari kemampuan maupun ketidakmampuan latar belakang budaya, bahasa, sosial, ekonomi, agama, dan jender yang melaksanakan proses belajar mengajar dalam satu sekolah yang sama. Selanjutnya, salah satu model pembelajaran yang mampu mengakomodasi keunikan, karaktristik, dan kebutuhan setiap anak adalah model pembelajaran sentra dan lingkaran atau yang dikenal dengan BCCT (Beyond Centers and Circles Times). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pendidikan inklusi dalam pembelajaran sentra dan lingkaran di PAUD Terpadu Al Fajr Cepu, (2) mengetahui hasil yang dicapai dari implementasi pendidikan inklusi dalam pembelajaran sentra dan lingkaran di PAUD Terpadu Al Fajr Cepu, dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pendidikan inklusi dalam pembelajaran sentra dan lingkaran di PAUD Terpadu Al Fajr Cepu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian case study. Penelitian dilakukan pada PAUD Terpadu Al Fajr Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah yang telah menerima berbagai jenis ABK antara lain : down syndrom, retardasi mental, autism, slow learner, dan lambat bicara. Teknik pengumpulan data yang utama dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan secara alamiah pada sumber data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman meliputi 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, penarikan atau verifikasi. Selanjutnya, Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensial, pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan, dan audit kepastian. Hasil penelitian ini merupakan penerapan model pembelajaran sentra dan lingkaran di dalam kelas dan juga penerapan sekolah dalam pendidikan inklusi. Dalam konteks pembelajaran yaitu berupa penerapan model pembelajaran sentra dan lingkungan, diantara sentra persiapan, seni dan kreativitas, ibadah, balok, musik dan olah tubah, dan setra cair dalam kelas inklusi. Hal ini berkaitan dengan peran tenagaa pendidik, kurikulum, sarana prasaran, proses belajar mengajar, dan penilaian terhadap anak.

References

Abidin, Y. (2009). Bermain Pengantar Bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dalam Dimensi PAUD. Bandung: Risqi Press
Arifin, I. (2009). Kepemimpinan kepala PAUD dalam mengimplementasikan pembelajaran sentra: studi kasus PAUD/KB Unggulan Nasional Anak Saleh Malang. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revesi). Jakarta: Rineka Cipta
Arriyani, Neni. (2010). Panduan Pendidikan Sentra untuk PAUD, Sekolah Al-Falah. Jakarta
Carol, Seefelt & Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Lima Tahun Masuk Sekolah (terj. Pius Nasar). Jakarta: Indeks
Depdiknas. (2007). Materi diklat PCP BCCT. Yogyakarta: Direktorat PAUD, Ditjen PLPS.
Effendi, Mohammad. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelaianan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ekeh, P.U & Oladayo, O.T. (2013). Academic achievement of regular and special needs student in inclusive and non-inclusive classroom settings. European scientific jurnal. March 2013, Vol. 9 no. 8. ISSN: 1857-7881
Khasanah, I &Venty, .(2014). Model pembelajaran terpadu berbasis sentra pada PAUD Rumah Kita Semarang. Media Penelitian Pendidikan. Vol 8. No 2. ISSN 1978-936X.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Pendidikan. (2012). Pedoman teknis penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jawa Timur.
Permendiknas No 70 Tahun 2009. (2012).
Permendiknas no. 70 tahun 2009 Tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memilki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa.
Poerwandari, E. (2012). Pendekatan Kualitatif; penelitian perilaku manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).
Rakhmalia, Mia. (2014). Penggunaan model pembelajaran sentra dan lingkaran dlam meningkatkan keterlibatan siswa di POS PAUD Terpadu. Modelling : Jurnal Program Studi PGMI. Vol. 1 No. 1. ISSN 2442-3661.
Tarmansyah. (2007). Inklusi pendidikan untuk semua.Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Purnama, A., M. Imron Abadi, & Abidatul Chasanah. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DI PAUD TERPADU AL FAJR CEPU. Prosiding SNasPPM, 2(1), 133–138. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/96