PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMES BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

  • Rifqotul Ummah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: Pengembangan, Kelayakan, 4D

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flashcard dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran flashcard tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa dan dan ahli media. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan ini dimulai dengan analisis awal (menentukan permasalahan) dilanjutkan dengan perancangan media flashcard, kemudian pengembangan, dan penyebaran. Media pembelajaran flashcard yang telah dibuat dikonsultasikan ke dosen pembimbing dan dinilaikan kepada ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Media pembelajaran flashcard ini memuat materi pokok Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan flashcard sebagai media pembelajaran Biologi dengan kriteria layak menurut penilaian ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan skor 142 dari skor maksimal 180, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh adalah 78,6%, sehingga layak untuk selanjutnya diujicobakan sebagai media pembelajaran di SMA.

References

A. Pane and M. Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran,” FITRAHJurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 3, no. 2, p. 333, 2017, doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

A. and Zainal, “Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran,” J. Kependidikan, vol. 2, no. 2, pp. 30–46, 2008.

A. Ramdani, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 433, 2020, doi: 10.33394/jk.v6i3.2924.

L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, and K. Heru, “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp.

R. Habibah, U. H. Salsabila, W. M. Lestari, O. Andaresta, and D. Yulianingsih, “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 02, p. 1, 2020, doi: 10.30742/tpd.v2i2.1070.

J. T. Holden and P. J. Westfall, “An Instructional Media Selection Guide for Distance Learning,” pp. 1–36, 2008.

B. Thoms and E. Eryilmaz, “How media choice affects learner interactions in distance learning classes,” Comput. Educ., vol. 75, pp. 112–126, 2014, doi: 10.1016/j.compedu.2014.02.002.

Y. Muhammad, “Media dan Teknologi Pembelajaran,” Jakarta Prenadamedia Gr., 2018.

N. Luh and P. Ekayani, “Pentingnya Penggunaan Media Siswa,” Pentingnya Pengguna. Media Pembelajaran Untuk Meningkat. Prestasi Belajar Siswa, no. March, 2021.

D. Indriana, “Ragam alat bantu media pengajaran.” Yogyakarta: DIVA press, 2011.

S. Wina, “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Cet,” IX, Jakarta Kencana Prenada Media Gr., 2012.

N. Mahnun, “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran),” an-Nida’, vol. 37, no. 1, pp. 27–35, 2012.

J. M. Vargas, “Modern Learning: Quizlet in The Social Studies Classroom.” Wichita State University, 2011.

S. Thiagarajan, “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.,” 1974.

A. N. Wardathi and A. W. Pradipta, “Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media Pada Pengembangan Buku Ajar Statistika Untuk Pendidikan Olahraga di IKIP Budi Utomo Malang,” Efektor, vol. 6, no. 1, pp. 61–67, 2019.

S. Setiyono, “Metode Penelitian,” Thesis, pp. 112–133, 2011.

P. Perbukuan, “Kurikulum. 2008,” Instrumen Penilai. Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta Badan Penelit. dan Pengemb. Depdikbud.

A. Z. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) BAGI GURU SMA/MA DIKABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

Published
2021-08-28
How to Cite
Ummah, R., & Nuraida, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMES BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 586-590. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/960