PERAN STRATEGIS MA'HAD DARUL HIJRAH DALAM PELAYANAN PEMENUHAN PENDIDIKAN ANAK YATIM PIATU DAN DHUAFA DI TUBAN
Keywords:
pondok yatim piatu dhuafa tubanAbstract
Tonggak peradaban dimulai dari terpenuhinya kebutuhan pendidikan. Syarat ini mutlak menjadi milik seluruh generasi bangsa dari kalangan menengah atas sampai tingkatan terbawah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran strategis ma’had darul hijrah dalam pelayanan pemenuhan pendidikan anak yatim piatu dan dhuafa di tuban. Adapun metode penelitiannya penulis menggunakan jenis deskriptif kualitatif, yaitu melakukan penggalian informasi dari semua stakeholder yang terlibat dalam asrama. Pada penelitian ini penulis memperoleh data yaitu ma’had darul hijrah memberikan pelayanan pendidikan beasiswa penuh kepada anak asuhnya mulai tingkat SMP sampai Perguruan Tinggi dengan ciri khasnya adalah wajib mengikuti program pengabdian di seluruh kampus Hidayatullah seluruh Indonesia.
References
[2] Kesejahteraan, P., Hidayat, M. N., Ricky, R., Wiranata, S., & Asuhan, P. (2021). Qulubana Qulubana. I(2), 19–45.
[3] Gunawan, I. (2012). Imam Gunawan LATAR BELAKANG. 15/12/2015, 18. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/15.1_Pendidikan-Karakter.pdf
[4] Suhartinah, S., Ramdhan, S., & Miharja, S. (2019). Bimbingan dengan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Yatim. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(3), 291–310. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i3.56
[5] Setiyawati, E., Raharjo, S. T., & Ferdryansyah, M. (2015). Pelayanan Sosial Di Bidang Pendidikanpada Faith Based Organization (Studi Di Rumah Yatim At-Tamim Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Share : Social Work Journal, 5(1). https://doi.org/10.24198/share.v5i1.13087
[6] Rena, S., & Fadhilah, I. R. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS Al- QUR ’ AN DAN AS -SUNNAH : Studi Kasus Kelas 6 SD Al- Wildan Islamic School ( Nurul Islam ) Tangerang Dosen IIQ Jakarta Abstrak. 06, 39–64.
[7] Rifai, N. (2015). Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan (Study Kasus Pada Remaja Yang Tinggal di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Klaten). Skripsi, 1–21.
[8] Mulvey, C. (1984). Wage Policy and Wage Determination in 1983. Journal of Industrial Relations, 26(1), 112–119. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
[9] Ikmal, H., & Zainuddin Alanshori, M. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Anak Yatim Piatu Dan Fakir Miskin Di Lksa Al Mu’Awanah Lamongan. Seminar Nasional Unisla.
[10] Arifin, Z. (2014). Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 6(1), 1–22. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/1158
[11] Tahfidz, M., Di, A. A. N., & Pesantren, P. (2016). Ali Akbar dan Hidayatullah Ismail. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91–102.
[12] Bruno, L. (2019). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(1), 1689–1699.
[13] Munthe, I. S., & Raharjo, S. T. (2018). Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak (Peningkatan Kemandirian Dan Kepercayaan Diri Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak - Lksa). Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 119. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18276
[14] Muhsin. (2010). Metode Pengembangan Fitrah Santri Studi Kasus Di Pondok Pesantren Salafiyah Sa’Idiyah Buduran Arosbaya Bangkalan. 71.
[15] Pembentukan Karakter Melalui Program Pengabdian Masyarakat Santri Di Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Durori NIM. 14913059. (n.d.).