UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARA BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK KOMIK ELEKTRONIK SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KOMPONEN EKOSISTEM

  • Liska Diah Pratiwi Universita PGRI Ronggolawe
  • Supiana Dian Nurtjahyani Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: smarthphone, media pembelajaran, komik elektronik, biologi, ekosistem

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern (IPTEK) menghadapi tantangan yang sangat besar, karena mempengaruhi kehidupan setiap orang, baik itu guru atau pendidik, dan bahkan di mata semua golongan masyarakat telah menjadi akrab dan ditandai dengan munculnya berbagai bentuk smartphone. Dimasa  pandemi seperti ini guru harus membekali siswa dengan suatu media pembelajaran alternatif agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dan siswa juga tidak bosan. Jadi guru dituntut memiliki kemampuan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dalam bentuk komik elektronik sebagai bahan ajar biologi pokok bahasan komponen ekosistem kelas X  dan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tenik pengumpulan data berupa lembar validasi untuk para ahli materi, bahasa, media. Berdasarkan analisis data hasil validasi ahli media adalah 80% yang berarti valid, analisis data hasil validasi ahli bahasa 70,90% yang berarti valid, analisis data hasil validasi ahli materi 77,14%, Dan rata-rata nilai dari validasi sebesar 76,17% yang artinya Layak digunakan.

References

K. M. ud Ali, “Integritas Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi,” Tadrib, vol. 2, no. 1, pp. 27–40, 2016.

A. P. Demidowich, K. Lu, R. Tamler, and Z. Bloomgarden, “An evaluation of diabetes self-management applications for Android smartphones,” J. Telemed. Telecare, vol. 18, no. 4, pp. 235–238, 2012.

B. García, J. Welford, and B. Smith, “Using a smartphone app in qualitative research: The good, the bad and the ugly,” Qual. Res., vol. 16, no. 5, pp. 508–525, 2016.

Y. Sumarni, “Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis,” Al-Intaj J. Ekon. Dan Perbank. Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 46–58, 2020.

I. Febrianti, A. Hariandi, and A. Alirmansyah, “Implementasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar.” Universitas Jambi, 2021.

H. A. H. Sanaky, “Media pembelajaran interaktif-inovatif,” Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.

T. Nurrita, “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018.

W. Sanjaya, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana, 2015.

D. Setyadi and A. B. D. Qohar, “Pengembangan Media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2017.

C. E. Sutrisna and A. Z. Mansoor, “Perancangan Komik Edukasi Bencana Gempa Bumi untuk Murid SD Umur 9-12 Tahun di Indonesia,” Vis. Commun. Des., vol. 4, no. 1, p. 180658, 2015.

R. Anesia, B. S. Anggoro, and I. Gunawan, “Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 149–153, 2018.

P. P. Rusdewanti and A. Gafur, “Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 153–164, 2014.

P. Sugiyono, “Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D,” Alpabeta, Bandung, 2011.

T. Astari, “Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV,” J. Pelangi, vol. 9, no. 2, 2017.

I. M. Listiyani and A. Widayati, “Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 2, 2012.

F. I. Akbar and R. Hartono, “Pengembangan lembar kegiatan peserta didik dengan model pengembangan 4-d pada materi mitigasi bencana dan adaptasi bencana kelas x sma,” J. Pendidik. Geogr. Kajian, Teor. dan Prakt. dalam Bid. Pendidik. dan Ilmu Geogr., vol. 22, no. 2, pp. 134–145, 2017.

N. Siregar, S. Suherman, R. Masykur, and R. S. Ningtias, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Math. Educ. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2019.

H. Skills, “J urnal P endidikan F isika T adulako O nline SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS PESERTA DIDIK SMA Developing a Physics Instructional Toolkit Based on Scientific Approach to Improve Soft Skills and Hard Skills,” vol. 9, no. April, pp. 89–98, 2021.

E. Sukmanasa, T. Windiyani, and L. Novita, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 2, p. 171, 2017, doi: 10.30870/jpsd.v3i2.2138.

A. Z. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) BAGI GURU SMA/MA DIKABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

P. N. Mahuze, “Peranan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Agama Katolik,” J. Masal. Pastor., vol. 5, no. 1, p. 15, 2017.

H. Purnamasari, S. Siswoyo, and V. Serevina, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Pada Materi Dinamika Rotasi,” vol. VII, pp. SNF2018-PE-29-SNF2018-PE-35, 2018, doi: 10.21009/03.snf2018.01.pe.05.

Published
2021-08-28
How to Cite
Pratiwi, L. D., & Nurtjahyani, S. D. (2021). UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARA BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK KOMIK ELEKTRONIK SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KOMPONEN EKOSISTEM. Prosiding SNasPPM, 6(1), 517-520. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/963