PENINGKATAN ANTUSIASME DAN KEDALAMAN KAJIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SILABUS INDIVIDUAL

Authors

  • Donald Samuel Slamet Santosa Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Antusiasme, Kedalaman Kajian Belajar, Pembelajaran Berbasis Silabus Individual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan antusiasme dan kedalaman kajian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis silabus individual. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pretestposttest control group design. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya mengenai pengembangan pembelajaran berbasis silabus individual (yang telah disusun dengan metode penelitian pengembangan). Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW. Mahasiswa peserta kuliah ekonomi pembagunan sebagai kelas eksperimen, dan mahasiswa peserta kuliah ekonomi moneter sebagai kelas kontrol. Data antusiasme dikumpulkan dengan teknik angket yang disebarkan sebelum dan setelah tindakan, sedangkan data kedalaman kajian belajar dikumpulkan dengan teknik penilaian sesama (peer asessment) yang dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran berbasis silabus individual. Data dianalisis dengan teknik uji beda (independen sample t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan antusiasme belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada variabel kedalaman kajian belajar, tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis silabus individual dapat meningkatkan antusiasme belajar mahasiswa, namun tidak dapat meningkatkan kedalaman kajian belajar mahasiswa. Dengan demikian, disarankan kepada dosen untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis silabus individual jika hendak meningkatkan antusiasme belajar mahasiswa.

References

Masykuri, M., Susilowati, E. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme 5e yang Diintervensi Peta Konsep Bermedia Komputer Untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa dalam Perkuliahan Kimia Fisika I. https://publikasiilmiah. ums.ac.id/ bitstream/handle/11617/694/8.%20endang%20susilowati%20new.pdf?sequence=1&isAllowed=y).
Kirschner, A. P., Sweller, J., Clark, E. R. 2006. Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work: An Analysis of the Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, Experiential, and Inquiry-Based Teaching. Educational Psychologist, 41(2), 75–86.
Prasojo, L. D. 2006. Konstruktivisme dalam Pendidikan Tinggi. Dinamika Pendidikan, 13(2) hal 235-244.
Pratiwi, E. R., Wonorahardjo, S., & Arief, M. 2016. Partisipasi Online Dalam Pembelajaran Community Of Inquiry (Coi) Pada Materi Distilasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1410-1416).
Mujahid, R. 2012. Bangkitkan Antusiasme Anda. http://reframepositive. com
Slameto, 2016. Koreksi Pembelajaran Berbasis Siswa (Student Centered Learning) Dalam Penerapan Metode Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding seminar Nasional dan Gelar Produk. LPPM UNY. 26-04-2016.
Prabowo, L. S., Nurmaliyah, F. 2010. Perencanaan Pemebelajaran: Pada Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan, dan Konseling. Malang: UIN-Maliki Press, hlm. 133.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, E. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Lesson Study Pada Mata Kuliah Analisis Vektor. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1), 1-10.
Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Additional Files

Published

2019-09-28

How to Cite

Donald Samuel Slamet Santosa. (2019). PENINGKATAN ANTUSIASME DAN KEDALAMAN KAJIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SILABUS INDIVIDUAL. Prosiding SNasPPM, 2(1), 139–144. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/97