PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN ABJAD UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN
STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU
Keywords:
Pembelajaran, BahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini yang menggunakan media buatan sebagai media penunjang untuk kelangsungan pembelajaran. Penelitian ini berawal dari adanya tuntutan inovasi di dalam pendidikan, seiring dengan makin pesatnya perkembangan teknologi yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, salah satunya penggunaan media dalam pembelajaran. Dari hasil observasi menyatakan bahwa kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK muslimat NU termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam belajar sekaligus dapat mengukur secara langsung kemampuan mereka setelah belajar. Media papan abjad untuk pembelajaran bahasa ini diposisikan sebagai media pembelajaran yang mudah dipahami materinya dan dapat membantu anak dalam memahami Pembelajaran Bahasa. Media papan abjad ini di lengkapi dengan gambar gambar yang menarik agar dapat menarik minat belajar anak.
References
M. Solehuddin, “Konsep dasar pendidikan prasekolah,” Bandung FIP UPI, 2000.
R. Jawati, “peningkatan kemampuan kognitif,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.
Y. N. Sujiono, “Hakikat Pengembangan Kognitif,” Metod. Pengemb. Kogn., pp. 1–35, 2013, [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/4687/2/PAUD4101-TM.pdf.
S. Indrawati, “PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MELALUI MEDIA TEKA-TEKI BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM ASSALAM DESA TLOGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 SKRIPSI Diajukan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd .),” 2018.
F. dwiana ad. al. Sari, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN PAPANFLASHCARDTERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK A TK PUTRA AIRLANGGA SURABAYA,” vol. 6, no. 3, 2017.
L. H. S. Afifurrahman, “Pengembangan permainan monopoli panakawan dalam pembelajaran tematik integratif tema pengalamanku untuk kelas I Sekolah Dasar Negeri Temu II …,” Mhs. Teknol. Pendidik., pp. 1–7, 2015, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/230607328.pdf.
U. Kustiawan, Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia], 2016.
I. B. G. S. A. Kadek Yuli Antari , I Ketut Adnyana Putra, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KONSEP BILANGAN,” vol. 4, no. 2, 2016.
prawastiningtyas devita Philia, “Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Kartini Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul,” J. Chem. Inf. Model., vol. 2, no. 4, pp. 1689–1699, 2015.
E. Christiana, “Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan,” 2009.
K. A. Akhmad, “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta),” DutaCom J., vol. 9, no. 1, pp. 43–54, 2015, [Online]. Available: http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17.
Subandi, “Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study,” Harmonia, no. 19, pp. 173–179, 2011.
K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
Ria Sartikaningrum, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL,” 2013.
Permendiknas, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 2014.