DAMPAK TAYANGAN TELEVISI TERHADAP TERJADINYA PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI

Authors

  • Kholifah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Televisi/TV, Perilaku Agresif

Abstract

Zaman sekarang pesawat telivisi sudah bergeser posisinya dari kebutuhan manusia yang bersifat sekunder menjadi kebutuhan bersifat primer. Hampir setiap keluarga memiliki pesawat telivisi dan menikmatinya sebagai hiburan yang menyenangkan, murah biayanya, serta tidak terbatas waktu dan tempat. Teknologi memiliki dampak positif maupun negatif, demikan juga dengan telivisi. Setiap hari telivisi menayangkan materi yang bervarisasi, jika ditonton terus menerus oleh keluarga termasuk anak-anak, maka tanpa disadari melalui tayangan tersebut akan terjadi proses internalisasi. Tayangan yang materinya positif sangat menguntungkan bagi perkembangan anak karena dapat mencerdaskan anak, akan tetapi tayangan yang negatif yang dimaksud berupa kekerasan sangat mengkhawatirkan bagi perkembangan anak terutama pada perilaku anak. Ciri khas anak usia dini, yaitu suka meniru apa yang mereka lihat dan mereka dengar, maka kekhawatiran kita ialah apabila mereka meniru materi tayangan televisi yang negatif. Misalnya, perilaku menyakiti, menendang, memukul, mengata-ngatai, berkata-kata jorok dan lain sebagainya. Jenis penelitian kepustakaan, pendekatan psikologis, tehnik pengumpulan data dokumentasi, tehnik analisa data secara komparasi. Rumusan masalah: bagaimana tayangan telivisi mempengaruhi terjadinya perilaku agresif, bagaimana cara mengantisapasinya, dan bagaimana cara mengatasinya. Tujuan penelitian, mendeskripsikan pengaruh tayangan telivisi terhadap terjadinya perilaku agresif, cara mengantisipasinya dan cara mengatasinya. Simpulannya bahwa tayangan telivisi dapat mempengaruhi perilaku agresif anak usia dini dengan cara meniru model-model yang ditayangkan melalui proses internalisasi. Cara mengantisipasinya, jangan meletakkan tv dikamar, memilihkan materi tayangan yang tepat, mendampingi anak, mengatur waktu, jangan makan sambil nonton tv, memberi aktivitas diluar, jika gangguan serius segera ke dokter. Cara mengatasinya, beri penguasaan ketrampilan sosial, orang tua dan guru menampilkan perilaku positif, hukuman yang konsisten, jadilah model, jalin komunikasi orang tua dan sekolah, memberi perhatian pada korban perilaku agresif.

References

Akbar, Ahmad Zaini. 1995. Memahami Eksistensi dan Dinamika Pers Nasional. Kompas
Ardianto, Komala, Karlinah. 2012. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.
Badjuri, Adi. 2010. Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.
Bandura, Albert. 1977. Teori Belajar Sosial.
Englewood Cliffs: New Jersey.
Berkowitz, L. 1995. Agresi I: Sebab dan Akibatnya. Lembaga PPM dan PT Pustaka Binaman Pressindo: Jakarta.
Biddulph, S. 2005. Raising Boys (alih bahasa: Daniel Wirajaya, S.S). PT Gramedia Pustaka Umum: Jakarta
Cangara, Harfield. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi.
PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Comstock, G. 1978. Television and Human Behavior.
Colombia University Press: New York.
Dailmail, 2011. Mei, minggu I. Bahaya Nonton Televisi bagi Balita. Sidoarjo: Nurani, edisi 537.
Desti, Sri. 2005. Dampak Tayangan Film di Televisi Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Komunikasi. Vol. 2, No. 1, Maret.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori & Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti: Bandung.



Fardhana, Nur Ainy. 2014. Mei, minggu III. Atasi si Kecil Suka Memukul. Sidoarjo: Nurani, edisi 692, hlm 15.
Gopinath, Bamini. 2011. Mei, minggu I. Bahaya Nonton Televisi Bagi Balita. Sidoarjo: Nurani, edisi 537.
Hainstock, E. G. 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Pustaka Delaprasta: Jakarta.
Herbert. M. 1978. Conduct Disorder of Childhood and Adolescence. John Wiley and Sons, Ltd: Chichester.
Hildayani, Rini, dkk. 2014. Penanganan Anak Berkelainan. Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.
Hurlock, Elizabeth B 1972. Child Development, New York: Mc. Graw Hill Book Company Inc.
Karyanti, S.R. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.
Khadijah, Uci. 2009. Februari, minggu II. Bila si Kecil Kecanduan Sinetron. Sidoarjo: Nurani, edisi 434.
Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa Sebuah Analisis Isi Media Televisi. RHineka Cipta: Jakarta.
Lembaga Penelitian. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi dan Mekanisme Penyelesaiannya. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe
McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga: Jakarta.
Montessori, M. 1870. The Montessori Method.
Frederick A. Stokes Company: New York.
Mufid, Muhammad Mufid. 2005. Komunikasi & Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana, 2005.
Muthmainah, Lediya. 2012. Hubungan Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi Dengan Perilaku Kekerasan yang Dilakukan Anak Usia Sekolah di SDN Margajaya IV Bekasi. Skripsi UI Fakultas Ilmu Keperawatan. Depok.
Myers, D.G. 2002. Social Psychology. 7th Edition.
McGraw-Hill, Inc.: Nort America.
Nurcahyani, Arinda. 2015. Pola Perilaku Menonton Televisi Pada Anak Berperilaku Agresif di Kelompok B TK Dharma Bakti IV Ngebel Kasihan Bantul. Skripsi UNY Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta.
Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Praditya, L. D., Supra W., dan Avin F.H. 1999. Pengaruh Tayangan Adegan Kekerasan yang Nyata Terhadap Agresivitas. Jurnal Psikologi. No. 1, 51-63.
Rompas, Freska Y. 2005. Dampak Siaran Televisi Terhadap Perilaku Agresif Anak. INSANI. No. 8 Th. XXII, Februari.
Sears, D.O., Freedman, J.L, & Peplau, L.A. 1991. Psikologi Sosial. Jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Stewart, A.C., dan Koch, J.B., 1983. Children Development Trough Adolescence. John Wiley & Sons: Canada.
Suhada, Idad. 2016. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Rosdakarya: Bandung.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. INDEKS: Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan Konseling di Taman Kanak-kanak. Prenadamedia: Jakarta.
Sutisno, P.C. 1993. Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi & Video. PT Grasindo: Jakarta.
Urbayatun, Siti. 2011. Desember, minggu III. Kiat Batasi Anak Nonton Televisi. Sidoarjo: Nurani, edisi 565.
Widiastuti, Wahyu. 2002. Dampak Adegan Kekerasan di Televisi Terhadap Perilaku Agresif Remaja Perkotaan. Jurnal Penelitian UNIB. Vol. VIII, no. 3, November 2002, hlm 140-143.
Wiyani, Novan Ardi. 2016. Konsep Dasar PAUD. Gava Media: Yogyakarta.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Kholifah. (2017). DAMPAK TAYANGAN TELEVISI TERHADAP TERJADINYA PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 2(1), 145–156. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/98