PENGEMBANGAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA TUNA RUNGU KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Authors

  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pop Up Book, Tunarungu, Menulis Narasi, Sekolah Inklusi

Abstract

Tunarungu mengalami hambatan dalam memproses informasi bahasa melalui pendegarannya yang berdampak pada pendidikan dan kehidupannya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media Pop up Book untuk siswa tuna rungu kelas IV di SDN Inklusi. Produk Pop up Book layak secara teoritik, memiliki tingkat keterterapan yang tinggi serta efektif digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatnya kemampuan menulis narasi. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model 4 D (four D model) oleh Thiagarajan dan Semmel (1974). Subjek penelitian adalah siswa tuna rungu kelas IV di SDN inklusi Bangunrejo II Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Pada pengembangan media Pop up Book yang dijadikan subjek uji coba adalah ahli desain pembelajaran dan Ahli materi (praktisi pembelajaran) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi , tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi: lembar validasi, lembar observasi angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi mendapat 90 % dengan kriteria valid, ahli media pembelajaran mendapat 84% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil observasi kegiatan evaluasi satu lawan satu yang dilakukan oleh siswa tuna rungu mendapat rata-rata 81% sedangkat angket respon siswa mendapat 86 % dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran buku pop up layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa tuna rungu di SDN Inklusi.

References

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bintoro, T. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama
Dzuanda. 2009. Perancangan Buku Narasi Anak Pop Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri Gatoto Kaca. Skripsi ini tidak diterbitkan. Surabaya: Desain Komunikasi Visual/ Teknik Sipil dan Perencanaan/ ITS.
Hobri. 2010. MetodologiPenelitianPengembangan (AplikasiPadaPenelitianPendidikanMatematika). Jember: Pena Salsabila.
Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia
Kristiantari, Rini. 2004. Menulis Diskripsi dan Narasi.
Malang. Media Ilmu
Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
Riduwan, 2010.MetodedanTeknikMenyusunTesis.
Bandung: Alfabeta.
Sadhono dan Slamet.2012.Meningkatkan Keterampilan Berbahasa.Bandung: Karya Putra Darwanti
Soemantri, Sutjihati.2006.Psikologi Anak Luar Biasa.
Bandung.Refika Aditama
Somad, P dan Hernawati. 1996. Ortopedagogig Anak Tuna Rungu. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Styawan Desta.2013.Penerapan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Penelitian kolaboratip. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.pdf.hal 2
Suparno dan Yunus.2008.Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis: Jakarta Universitas Terbuka
Tarigan, Henry Guntur.2008.Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa
Thiagarajan, sammel, & Sammel. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloomington: Center for Innovation on Teaching The Handicapped.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa.2001.Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3.Jakarta: Balai Pustaka

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Agustin, I. ., & Arik Umi Pujiastuti. (2017). PENGEMBANGAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA TUNA RUNGU KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Prosiding SNasPPM, 2(1), 157–162. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/99