PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS APLIKASI EDMODO SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19
studi kasus di SMP
Keywords:
media pembelajaran, teknologi, LMS, edmodoAbstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada era globalisasi saat sekarang pemanfaatan dan penggunaannya sangat berpengaruh dalam segala hal. Untuk melibatkan pembelajaran dengan perkembangan teknologi yang ada maka diperlukan media dalam pembelajaran. Pada saat ini, salah satu jenis LMS yang sering digunakan ialah edmodo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D).
References
I. Yusuf, S. W. Widyaningsih, dan D. Purwati, “Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013,” Pancar. Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 189–200, 2015.
Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno, “Teori dan Praktek Pendidikan,” urabaya Lemb. Pengkaj. dan Pengemb. Ilmu Pendidik. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Surabaya, 2014.
dkk Suryani, Nunuk, “Media Pembelajaran Novatif dan Pengembangan.,” Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2018.
D. Supriadie dan D. Darmawan, Komunikasi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, 2012.
S. Syaparuddin, M. Meldianus, dan E. Elihami, “Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, hal. 30–41, 2020.
T. Mahira, “Pengembangan modul pembelajaran mandiri berbasis Edmodo pada materi sistem pernapasan manusia.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.
W. Strielkowski, “COVID-19 pandemic and the digital revolution in academia and higher education,” 2020.
E. Kuntarto, “Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi,” Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 3, no. 1, hal. 99–110, 2017.
T. Kind dan Y. Evans, “Social media for lifelong learning,” Int. Rev. Psychiatry, vol. 27, no. 2, hal. 124–132, 2015.
A. Abidah, H. N. Hidaayatullaah, R. M. Simamora, D. Fehabutar, dan L. Mutakinati, “The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of ‘merdeka belajar,’” Stud. Philos. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, hal. 38–49, 2020.
W. S. Hidayati, “Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Materi Ajar Teoretis dan Praktis,” PROSIDING, vol. 1, no. 1, hal. 98, 2015.
M. M. Khodary, “Edmodo Use to Develop Saudi EFL Students’ Self-Directed Learning.,” English Lang. Teach., vol. 10, no. 2, hal. 123–135, 2017.
A. S. Winarko, W. Sunarno, dan M. Masykuri, “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi) Pada Materi Sistem Indera Kelas Xi SMA Negeri 3 Ponorogo,” Bioedukasi, vol. 6, no. 2, 2013.
S. Syarmadi, N. Izzati, dan F. Febrian, “Validitas Modul Elektronik Matematika Sebagai Bahan Berbasis Augmented Reality Ajar pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMP,” Student Online J. Umr. dan Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 2, hal. 701–708, 2020.
U. Kalsum, M. K. Mustami, dan W. Ismail, “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL),” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, hal. 97–109, 2018.
A. Z. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) BAGI GURU SMA/MA DIKABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
A. Puspaningtyas, “Validitas dan Kepraktisan Buku Ajar Ipa SMP Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Klasifikasi Siswa SMP,” PENSA E-JURNAL Pendidik. SAINS, vol. 6, no. 01, 2018.