PROFIL BERPIKIR LOGIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Authors

  • Alfin Nurul Imamah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Surawan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Berpikir Logis, Kemampuan Matematika, Keterampilan Matematika

Abstract

Kemampuan berpikir logis adalah kemampuan esensial yang perlu dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik yang belajar matematika. Kemampuan berpikir logis tersebut diperlukan untuk menghadapi suasana bersaing yang makin ketat serta sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan pembelajaran sekolah. Adapun tujuannya dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir logis siswa ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan matematika, tes berpikir logis serta wawancara. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil dari nilai tes kemampuan matematika yang memiliki nilai tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis hasil tes berpikir logis dan hasil wawancara siswa berdasarkan 4 tahapan berpikir logis yaitu analogi, penalaran probabilistik, penalaran kombinatorial dan controlling variabel. Dengan melalui tiga kegiatan secara bersamaan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir logis siswa berkemampuann tinggi tergolong baik. Berpikir logis siswa berkemampuan sedang tergolong cukup. Berpikir logis siswa berkemampuan rendah tergolong kurang.

References

Ani, Elya Umi. 2016. Profil kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ber-bentuk Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. Tidak diterbitkan. Tuban. Pro-gram Sarjana UNIROW Tuban.
Jaya, Agus Risnan. (2013). Pengaruh Penerapan Blended E-Learning Berbasis Website Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Logis Ma-tematis Siswa Sma. Online Tersedia di http://repository.upi.edu/id/eprint/8319 diakses pada tanggal 25 Maret 2017
Mulyana, Yeni. 2016. Profil Berpikir Kritis dan Krestif Siswa dalam Memecahkan Masa-lah Terbuka (Open Ended Problem) Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasi. Tuban: UNIROW Tuban
Septiati, Ety. Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada mata kuliah Matematika Diskrit. Online Tersedia di www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/prosiding/article/view/630, diakses pada tanggal 11 April 2017.
Sumarmo, Utari, dkk. ( 2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis dan Kreatif Matematik (Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembela-jaran Berbasis Masalah dan Stratge Think Talk Write). Online Tersedia di http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/viewFile/228/143, di-akses pada tanggal 25 Maret 2017

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Alfin Nurul Imamah, Warli, & Surawan. (2017). PROFIL BERPIKIR LOGIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Prosiding SNasPPM, 2(1), 257–262. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/118