PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PELUANG USAHA BAGI GURU PAUD DI DESA KRADENAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Citra Dewi Rosalina Arifin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Busy Book, Media Pembelajaran, Peluang Usaha

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam membuat media Busy Book di desa Kradenan Kecamatan Palang Tuban. Hal ini didasarkan pada permasalahan, sesuai hasil survei diperoleh data bahwa media pembelajaran pada lembaga PAUD masih minim, serta sebagian besar guru PAUD yang ada di desa Kradenan Kecamatan Palang Tuban masih kurang mempunyai keterampilan dalam membuat media pembelajaran. Solusi atas permasalahan yang dipecahkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan pelatihan membuat media Busy Book di desa Kradenan Kecamatan Palang Tuban yang meliputi pembuatan Busy Book dasar sampai lanjutan yang berbentuk produk. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap persiapan dengan mengidentifikasikan kemampuan awal, tahap pelaksanaan dengan memberikan penjelasan materi/teori dan melakukan praktek, serta tahap monitoring dan evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelatihan pembuatan media Busy Book pada guru PAUD di desa Kradenan. Selanjutnya, untuk kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 kali selama bulan Januari 2019 di Balai Desa Kradenan kecamatan Palang Tuban. Indikator keberhasilan kegiatan ini diukur dengan cara melihat hasil praktek pembuatan Busy Book yang layak dipakai sebagai media pembelajaran dan layak jual. Media Busy Book harus sesuai dengan pembelajaran dan perkembangan anak usia dini. Pelaksanaan pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta pelatihan yang terdiri dari  guru TK/RA dan guru PG/KB yang ada di kecamatan Palang dan setiap lembaga mengirimkan 2-3 orang guru. Hasil karya media busy book yang telah dihasilkan oleh peserta mencakup beberapa tema dalam pembelajaran di PAUD.

References

[1] ]Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[2] Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
[3] IG: DOLANANQ
[4] Mufliharsi, Risa. 2017. Pemanfaatan Busy Book pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Universitas PGRI Indraprasta Volume V Nomor 2 Juli - Desember 2017.
[5] Romadhona, Widhyas Asyifa, dkk. 2017. Mengurangi Perilaku Maladaptif Melalui Pembelajaran Berbantuan Media My Busy Book Pada Anak Autisme. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 8, Edisi 2, Desember 2017.
[6] Sujiono, Yuliani Nurani, & Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
[7] Tedjasaputra, Mayke S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
[8] Ulfah, Azra Aulia, dan Rahmah, Elva. 2017. Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di Paud Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 6, No. 1, September 2017, Seri A

Additional Files

Published

2019-09-21

How to Cite

Nugrahani, R., & Citra Dewi Rosalina Arifin. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PELUANG USAHA BAGI GURU PAUD DI DESA KRADENAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 4(1), 210–216. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/255