MENGGALI POTENSI KREATIFITAS DALAM KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Didip Diandra Tanri Abeng University

Keywords:

menggali, potensi, kreatifitas, kewirausahaan

Abstract

Kreatifitas adalah suatu fenomena dalam kewirausaahaan. Kreatifitas merupakan bagian dari kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan ide yang bermanfaat dalam menjalankan bisnis. Kreatifitas terkadang dihubungkan dengan seni sebagai suatu kegiatan yang dirancang untuk menghasilkan nilai baru dalam suatu unit usaha. Maka daripada itu, potensi kreatifitas dalam kewirausahaan harus dipahami, digali sumber dan tipe nya, hingga menghasilkan suatu ide dan gagasan baru dalam kegiatan kewirausahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan tinjauan pustaka dari berbagai sumber untuk menggali potensi kreatifitas, sumber, dan tipenya, serta menyediakan petunjuk praktis (practical guidelines) dalam menggali potensi kreatifitas dalam kewirausahaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa beberapa sumber kreatifitas adalah berasal dari imaginasi (imagination), inovasi (innovation), kegilaan (craziness), dan berpikir out of the box. Penelitian sebelumnya mengklasifikasikan kreatifitas menjadi beberapa istilah seperti sesuatu yang baru (be new), unik (unique), dan memiliki nilai (have value). Beberapa petunjuk praktis dalam menggali potensi kreatifitas dalam kewirausahaan juga disediakan dalam penelitian ini, namun berfikir out of the box adalah yang paling dominan.

References

[1] Diandra, D,. 2016. Strategi Membangun Bisnis Mandiri. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[2] Diandra, D,. 2018. Ide Bisnis Strategi dan Praktek. Pustakapedia, Jakarta.
[3] Rahmawati, N. D,. 2017. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.1, No.1, UIN Raden Intan Lampung, 6 Mei 2017.
[4] Yahya, M,. 2013. Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran. (http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/eduislamika/article/download/28/21),Vol.5 No.1: 38-75.
[5] Munfariqoh, S,. 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Wirausaha Wanita Miskin Untuk Mencapai Keberhasilan Usaha. Jurnal Jibeka, Vol.10 No.1: 57-65.
[6] Aprilliani, R,. 2006. Pengaruh Kreatifitas Karyawan Terhadap Pengembangan Inovasi Baru Bagi Perusahaan. Jurnal Fokus Ekonomi, Vol.1 No.1: 31-37.
[7] Rahadian, G, Rohanda, Anwar, R, K,. 2014. Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi dan Kepustakaan, Vol.2 No.1: 27-36.
[8] Hasan, M,. 2018. Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Jurnal ekonomi dan Pendidikan, Vol.1 No.1: 81-86.
[9] Elhasanah, L,N,. 2015. Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, Vol.4 No.2: 268-280.
[10] Drucker, P.F,. 1985. Innovation and Entrepreneurship. Harper & Row Publisher, Inc, USA.
[11] Sternberg,.Robert J,. 2006. The Nature of Creativity. Creativity Research Journal, Vol.18 No.1: 87-98.

Additional Files

Published

2019-09-21

How to Cite

Didip Diandra. (2019). MENGGALI POTENSI KREATIFITAS DALAM KEWIRAUSAHAAN. Prosiding SNasPPM, 4(1), 80–85. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/278