PEMBERDAYAAN MAHASISWA UNTUK TETAP KREATIF DAN PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI LOMBA PEMBUATAN POSTER PROFIL PROGRAM STUDI

Authors

  • Imas Cintamulya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilik Mawartiningsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Hernik Pujiastutik Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iin Murtini Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

poster, covid-19, kreatif, produktif, program studi pendidikan biologi

Abstract

Di masa pandemi COVID-19 semua pembelajaran tatap muka di kelas diganti dengan pembelajaran online/daring. Dampak dari pembelajaran online ini, mahasiswa berkurang dalam aktivitas yang di lakukan di kampus. Supaya mahasiswa tetap punya kegiatan walaupun kuliah secara daring maka diadakan lomba mendesain Poster Profil Program Studi. Tujuan dari kegiatan tersebut supaya mahasiswa tetap kreatif dan produktif di masa pandemi COVID-19. Dan manfaat lainnya melaui poster yang dibuat mahasiswa dapat digunakan untuk promosi Progra Studi Pendidikan Biologi. Traget dari kegiatan lomba ini adalah poster profil Program Studi Pendidikan Biologi, dan artikel ilmiah. Tahapan pelaksanaan lomba poster antara lain: 1) sosialisasi kepada semua angkatan mahasiswa Pendidikan Biologi secara online; 2) pengumpulan poster Profil Program Studi; 3) penilain poster Profil Program Studi oleh empat orang juri; 4) pengumuman pemenang, dan 5 pembagian hadiah dan sertifikat untuk para pemenang. Dari kegiatan lomba ini dihasilkan sekitar 20 Poster tentang Profil Pendidikan Biologi yang digunakan sebagai media untuk promosi Program Studi Pendidikan Biologi.

References

C. Wang, P. W. Horby, F. G. Hayden, and G. F. Gao, “A novel coronavirus outbreak of global health concern,” Lancet, vol. 395, no. 10223, pp. 470–473, 2020.

G. Li and E. De Clercq, “Therapeutic options for the 2019 novel coronavirus (2019-nCoV).” Nature Publishing Group, 2020.

K. Liu, Y. Chen, R. Lin, and K. Han, “Clinical features of COVID-19 in elderly patients: A comparison with young and middle-aged patients,” J. Infect., 2020.

J. De Vos, “The effect of COVID-19 and subsequent social distancing on travel behavior,” Transp. Res. Interdiscip. Perspect., p. 100121, 2020.

T. Favale, F. Soro, M. Trevisan, I. Drago, and M. Mellia, “Campus traffic and e-Learning during COVID-19 pandemic,” Comput. Networks, p. 107290, 2020.

Wandah, “Mendesain Poster Ilmiah untuk Keperluan Pimnas.” [Online]. Available: https://www.wandah.org/dkv/desain-poster-ilmiah-untuk-pimnas.

B. İ. U. Dur, “Reflection of Anatolian culture in poster design,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 122, no. 19, pp. 230–235, 2014.

J. Young, M. B. Bridgeman, and E. R. Hermes-DeSantis, “Presentation of scientific poster information: Lessons learned from evaluating the impact of content arrangement and use of infographics,” Curr. Pharm. Teach. Learn., vol. 11, no. 2, pp. 204–210, 2019.

B. Gundogan, K. Koshy, L. Kurar, and K. Whitehurst, “How to make an academic poster,” Ann. Med. Surg., vol. 11, pp. 69–71, 2016.

A. M. Daud, J. Omar, P. Turiman, and K. Osman, “Creativity in science education,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 59, pp. 467–474, 2012.

V. M. Y. Cheng, “Infusing creativity into Eastern classrooms: Evaluations from student perspectives,” Think. Ski. Creat., vol. 6, no. 1, pp. 67–87, 2011.

A. Wongso, “Semangan Berkompetisi,” 2017. [Online]. Available: https://andriewongso.com/semangat-berkompetisi/.

J. Kai, “The Origin and Consequences of Excess Competition in Education: A Mainland Chinese Perspective,” Chinese Educ. Soc., vol. 45, no. 2, pp. 8–20, 2012.

R. I.-N. M. I. dan P. T. Indonesia,“Manfaat Berkompetisi Positif,” 2016. [Online]. Available: https://republikindienewsletter.blogspot.com/2016/08/manfaat-berkompetisi-positif.html.

M. H. A. Bakar, M. A. M. Desa, and M. Mustafa, “Attributes for image content that attract consumers’ attention to advertisements,” Procedia Soc. Behav. Sci., vol. 195, pp. 309–314, 2015.

T. Naidoo, “The effectiveness of advertising through the social media in Gauteng.” North-West University, 2011.

T. Jerome, L. W. Shan, and K. W. Khong, “Online advertising: a study on Malaysian consumers,” Available SSRN 1644802, 2010.

T. Tavor, “Online advertising development and their economic effectiveness,” Aust. J. Bus. Manag. Res., vol. 1, no. 6, p. 121, 2011.

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Cintamulya, I. ., Mawartiningsih, L., Pujiastutik, H. ., & Murtini, I. (2020). PEMBERDAYAAN MAHASISWA UNTUK TETAP KREATIF DAN PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI LOMBA PEMBUATAN POSTER PROFIL PROGRAM STUDI. Prosiding SNasPPM, 5(1), 215–221. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/338