VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

Studi kasus di SMK PGRI 2 Tuban

Authors

  • Rofi'atus Sholikah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Problem Solving, Pengembangan, LKS, Validitas, Persamaan Lingkaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving materi persamaan lingkaran pada siswa SMK yang memiliki kualifikasi valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D (four-D models) dari Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Sammel, dan Melvyn I. Semmel (1974) yang terdiri atas 4 tahap, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Akan tetapi penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Develop. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi LKS untuk mengukur kevalidan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika materi persamaan lingkaran. Berdasarkan hasil validasi LKS diperoleh skor rata-rata 4,5 pada skala 5 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKS berbasis problem solving materi persamaan lingkaran memenuhi kualifikasi valid.

References

Yusel. 2017. Sistem Pendidikan Nasional, (online), (https://www.scribd.com/document/340315836/Sistem-Pendidikan-Nasional, diakses 15 Junli 2021)
[2] Ernawati, I., Suharto, Kristiana, A. I. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovocz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Moch. Sroedji Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Vol. 4 No. 2:201-212
[3] Ambarsari, R., Darmadi, Apriandi, D. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Visualisasi Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan SPLDV untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 18 Juli.
[4] Irani, B., & Andrani, M. 2021. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD/MI. Journal of Primary Education. Vol. 1 No. 1: 106-119.
[5] Satria. 2012. Permendiknas No. 22-Standar Isi Untuk Dikdasmen, (Online), (https://www.scribd.com/document/79649523/Permendiknas-No-22-Tahun-2006-Standar-Isi-Untuk-Dikdasmen, diakses 18 Juli 2021)
[6] Ariskasari D., & Pratiwi, D.D. 2019. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving pada Materi Vektor. Jurnal Matematika, Vol. 2 No. 3: 249-258.
[7] Pardimin, & Widodo, S. A. 2017. Development Comic Based Problem Solving in Geometry. International Electronic Journal Of Mathematics Education. Vul. 12 No. 3: 233-241.
[8] Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., Parmiti, D. P. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology. Vol. 3 No. 3: 179-185.
[9] Denia A., Mandailina, V., Syaharuddin. 2018. Pengembangan LKS Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving pada Materi Aritmatika. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol. 1 No. 1:214-219.
[10] Rahayu, P., & Kholilullah. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 2: 126-133.
[11] Stella, A. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Media Gambar untuk Pembelajaran Ekonomi Bagi Siswa Kelas X SMA. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
[12] Rahayu, P., & Ulul, E. D. 2018. Validity Of Work Sheets Of Students Based On Constructivism In Study Of Kapita Selekta Matematika II. Jurnal Teladan. Vol. 3 No. 2: 111-120
[13] Hadinurdina, & Kurniati, A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journal for Research in Mathematics Learning. Vol. 1 No. 3: 189-198.
[14] Nurliawaty, L., Mujasam, Yusuf, I., Widyaningsih, S. W. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6 No.1: 72-81.
[15] Fauzana, N. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Improve Menggunakan Google Site pada Siswa kelas XII SMAN 7 Barbarai Tahun Pelajaran 2020/2021. Banjarmasin: Prodi

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Sholikah, R., & Rahayu, P. (2021). VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN: Studi kasus di SMK PGRI 2 Tuban. Prosiding SNasPPM, 6(1), 544–550. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/816