PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KERIPIK BONGGOL PISANG MENGGUNAKAN REDESAIN KEMASAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA DI DESA PAGARLUYUNG KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Andhika Cahyono universitas islam majapahit
  • Mohammad Muslimin
  • Soffia Pudji Estiasih

Keywords:

Keripik bonggol pisang, Redesain, Pembukuan sederhana, Mojokerto

Abstract

Desa Pagarluyung merupakan desa yang terletak di Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, mayoritas penduduk desa berprofesi sebagai petani, buruh pabrik, swasta dan pedagang. Adanya pandemi yang disebabkan oleh virus corona ini membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan. Ibu lilik merupakan salah satu ibu rumah tangga yang mempunyai ide untuk membuat usaha keripik di desa tersebut. Bahan baku untuk keripik bonggol pisang ini melimpah di wilayah sekitar tempat tinggal ibu Lilik.  Kebun pisang kepok di Desa Pagarluyung di miliki oleh bapak Suroso dan bapak Deni, luas kebun pisang kepok yang ada di desa Pagarluyung adalah 20x120 m. Permasalahan yang dihadapi adalah produk keripik bonggol pisang tidak mempunyai kemasan yang menarik dan informatif dan penentuan harga jual yang berdasarkan perkiraan. Metode pelaksanaan ini terbagi dalam empat tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pendampingan produksi, tahap pendampingan manajemen dan tahap luaran. Hasil dari Redesain pada kemasan produk dengan menambahkan informasi terkait produk dapat meningkatkan penjualan menjadi 70-75 bungkus/ minggu. Dengan pembukuan sederhana ibu Lilik dapat menentukan harga jual yang sesuai dan tidak menggunakan perkiraan.

References

[1] Lilik. 2020. Personal Comunication. Pemilik usaha keripik bonggol pisang.
[2] Saputra, M.W.L., Arianti, R.P., Damiati. 2019. Pemanfaatan Tepung Bonggol Pisang Kepok Menjadi Choco Cookies. Jurnal Bosaparis : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Vol. 10 No. 3
[3] Suroso. 2020. Personal Comunication. Pemiliki kebun pisang kepok
[4] Deni. 2020. Personal Comunication. Pemiliki kebun pisang kepok
[5] Mavianti, Rizky R.N. 2019. Upaya Pemanfaatan Bonggol Pisang dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga pada Ibu-ibu di Dusun 2 Desa Tanjung Anom. Proseding Seminar Kewirausahaan 1(1) hal 138-143
[6] Santoso, R., Erstiawan, M.S., Kisworo, A.Y. 2020. Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan, Efektifitas Iklan dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.5 No. 2
[7] Apriyanti, M.E. 2018. Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosioe-kons Vol 10 No 1 pp 20-27
[8] Sadono, T.P. 2013. Re-desain Packaging Keripik Pisang ’Aneka’ Khas Bandar Lampung. Jurnal Ruparupa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Bunda Mulia. Vol. 2 No. 1
[9] Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B.Y., Sugianto, R. 2020. Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil (Mikro) di Dusun Bore Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombik Tengah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol.2 No. 2

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Cahyono, A., Muslimin, M., & Pudji Estiasih, S. (2021). PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KERIPIK BONGGOL PISANG MENGGUNAKAN REDESAIN KEMASAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA DI DESA PAGARLUYUNG KABUPATEN MOJOKERTO. Prosiding SNasPPM, 6(1), 242–245. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1006