PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D PADA PEMBELAJARAN SPEAKING BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Risa Triassanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Christina Innocenti Tumiar Panggabean Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Adria Rosy Starinne Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

animasi 3D, plotagon, media

Abstract

Tujuan dari pembelajaran Speaking dalam Bahasa Inggris adalah agar siswa mampu berbicara menggunakan Bahasa Inggris yang berterima. Artinya siswa dapat dipahami oleh lawan bicara dan memahami maksud dari lawan bicara. Tujuan ini bisa dicapai jika siswa mampu menggunakan fitur Bahasa dengan baik percakapan di kelas. Kegiatan belajar akan efektif jika di tunjang oleh media yang memenuhi kebutuhan siswa. Selama ini berbagai media yang efektif telah di terapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa salah satunya adalah animasi tiga dimensi. Animasi tiga dimensi selama ini membutuhkan keahlian khusus untuk menciptakannya. Saat ini banyak tersedia aplikasi android yang membantu untuk membuat animasi 3D. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mendeskripsikan penerapan media video animasi 3D  berbasis android dalam pembelajaran speaking, 2). Mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan media video animasi 3D. Subjek penelitian adalah mahasiwa Pendidikan Bahasa Inggris semester 2. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah proses penerapan media pembelajaran speaking yang terdiri dari persiapan, penjelasan materi, Latihan, produksi dan presentasi. Rata-rata mahasiswa memberikan respon sangat baik dan baik pada penerapan media ini. Media ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan speaking pada mahasiswa dan pengajar lain untuk menambah variasi media pembelajaran.

 

Author Biographies

Christina Innocenti Tumiar Panggabean, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Prodi Pendidikan Bahasa INggris

Adria Rosy Starinne , Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

References

[1] R. Gurvitch and J. Lund, “Animated Video Clips,” pp. 8–18, 2014, [Online]. Available: http://eric.ed.gov/?id=EJ1032650.
[2] L. Xiao, “Animation Trends in Education,” International Journal of Information and Education Technology, vol. 3, no. 3, pp. 286–289, 2013, doi: 10.7763/ijiet.2013.v3.282.
[3] E. Oktavianingtyas, F. S. Salama, A. Fatahillah, L. A. Monalisa, and T. B. Setiawan, “Development 3D Animated Story as Interactive Learning Media with Lectora Inspire and Plotagon on Direct and Inverse Proportion Subject,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1108, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012111.
[4] B. Seny and B. Seny, “By Bu B ’ B ’ u B ’,” pp. 2–3, 2020.
[5] J. Andrea and M. Cuellar, “The Use of Plotagon to Enhance the English Writing Skill in Secondary School Students,” Profile: Issues in Teachers’ Professional Development, vol. 21, no. 1, pp. 139–153, 2019.
[6] H. Croft, R. Rasiah, J. Cooper, and K. Nesbitt, “Comparing animation with video for teaching communication skills,” ACM International Conference Proceeding Series, vol. 02-03-Dece, 2014, doi: 10.1145/2677758.2677777.
[7] S. Wahyuningsih and M. Afandi, “Investigating English speaking problems: Implications for speaking curriculum development in Indonesia,” Eur. J. Educ. Res., vol. 9, no. 3, pp. 967–977, 2020, doi: 10.12973/EU-JER.9.3.967.
[8] M. Gulnoz, U. Guljahon, and P. Shahodat, “Effective Methods of Teaching English Speaking At A Non-Linguistic University,” EPRA Int. J. Res. Dev. Vol. 5 | Issue 3 | March 2020, no. 3, pp. 1–5, 2020.
[9] S. Syafryadin, “Students’ Strategies in Learning Speaking: Experience of Two Indonesian Schools,” Vis. J. Lang. Foreign Lang. Learn., vol. 9, no. 1, p. 33, 2020, doi: 10.21580/vjv9i14791.
[10] E. E. Rohaeti, H. D. Putra, and A. S. Purwandari, “Animated media design based on visual basic application microsoft powerpoint on the material build flat side spaces,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1657, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1657/1/012093.
[11] E. S. Han and A. goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, “Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using Realia,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 10, 2019.
[12] B. Lestari and A. Mustadi, “Animated video media vs comic on storytelling skills for fifth-grader: Which one is more effective?,” J. Educ. Gift. Young Sci., vol. 8, no. 1, pp. 167–182, 2020, doi: 10.17478/jegys.664119.
[13] Miles and hubberman, Qualitative data analysis. 1386.
[14] L. Umaroh and U. D. Nuswantoro, “INTERACTIVE SPEAKING CLASS,” vol. 3, pp. 95–100, 2019.
[15] R. Narasati, “THE INFLUENCE OF USING ANIMATED FIMS IN SPEAKING,” vol. 5, no. 1, 2021.

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Triassanti, R., Panggabean, C. I. T., & Adria Rosy Starinne. (2021). PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D PADA PEMBELAJARAN SPEAKING BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS . Prosiding SNasPPM, 6(1), 510–516. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/525