PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ASAM (ANIMASI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA) PEMBELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 SISWA KELAS V SDN 1 TAHUNAN KECAMATAN SALE KABUPATEN REMBANG

Studi kasus di SDN 1 Tahunan

Authors

  • Eka Susanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Pencernaan Manusia

Abstract

Media Video ASAM adalah video animasi yang menggabungkan antara animasi 2D dan 3D dalam satu video yang memuat tentang pembelajaran IPA kelas V tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 materi sistem pencernaan manusia, video ini berdurasi 7 menit 41 detik. Berdasarkan hasil wawancara guru belum pernah membuat video animasi, hanya menerapkannya saja. Dan berdasarkan hasil angket siswa masih banyak siswa yang kesulitan dan kurang tertarik dengan pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Semakin meningkatnya perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini, pada masa pandemi covid-19 media yang tepat adalah menggunakan media audio visual. Maka peneliti mengembangkan video ASAM (Animasi Sistem Pencernaan Manusia). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media video audio visual berupa video animasi dan Mengetahui kelayakan video animasi pada pembelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2. Metode yang digunakan adalah motode Research and Development (R&D) dengan modifikasi model 4D Thiagarajan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi praktisi pendidikan. Alat evaluasi yang dikembangkan telah melalui validasi validasi oleh para validator yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing. Hasil validasi ahli materi memperoleh prosentase kelayakan 76% dengan kriteria layak. Hasil validasi ahli media memperoleh prosentasi 80% dengan kriteria sangat layak. Hasil  validasi ahli bahasa memperoleh  prosentasi 86,7% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi praktisi pendidikan memperoleh prosentasi 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi respon pengguna siswa memperoleh prosentasi 88,1% dengan kriteria sangat layak.  Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media video animasi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan sangat layak sebagai media video animasi yang baik digunakan dalam pembelajaran Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas V SD Negeri Tahunan Kabupaten Rembang.

References

[1] Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik 6 (2), 214-224, 2020. (https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759.Diakses pada tanggal 17 Maret 2021).
[2] Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PEDAGOGIA.
[3] Sulfemi, W. B. & Mayasari, Nova. 2019. Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan. 20 (1), 53 – 68. (http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/235. Diakses pada tanggal 26 April 2021).
[4] Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
[5] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Susanti, E., & Mizan, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ASAM (ANIMASI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA) PEMBELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 SISWA KELAS V SDN 1 TAHUNAN KECAMATAN SALE KABUPATEN REMBANG: Studi kasus di SDN 1 Tahunan. Prosiding SNasPPM, 6(1), 573–578. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/751