ANALISIS HASIL KELAYAKAN MEDIA REACH AND MATCH DALAM MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI

Studi Kasus di TK Harapan Bangsa Karangsari Tuban

Authors

  • isyatur Rodhiyah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Marli'ah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

geometri, geometry

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil kelayakan media Reach and Match dalam   menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Metode peneltian ini adalah peneitian pengembangan  atau research based development (R&D). Hasil dari media ini berupa matras geometri. Pembuatan media reach and match menggunakan tikar busa. Media reach and match ini terdiri dari 4 lembar tikar busa. Tiap tikar busa berukuran 30 x 30 cm, alat permainan reach and match ini berwarna warni, berbentuk persegi yang dirangkai, dan didalamnya berisi berbagai bentuk geometri dan bisa di bongkar pasang. Subjek dari peneleitian ini adalah anak-anak usia 4-5 tahun (kelompok A). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari masukan validator pada tahap validasi, masukan dari ahli materi dan ahli media. Sedangkan kuantitatif adalah data yang memaparkan hasil pengembangan produk yang berupa alat permainan reach and match. Berdasarkan data tabel hasil dari skor penilaian tersebut kemudian dicari rata-ratanya dari sejumlah subjek sampel uji coba dan dikonversikan kepernyataan penilaian untuk menentukan kualitas dan tingkat kemanfaatan produk yang dihasilkan berdasarkan pendapat pengguna, maka produk pengembangan akan berakhir saat skor penilaian terhadap media pembelajaran ini telah memenuhi syarat kelayakan dengan tingkat kesesuaian materi, kelayakan media dan kualitas media permainan reach and match untuk Pendidikan Anak Usia Dini usia 4-5 tahun untuk mengenal bentuk geometri dikategori sangat layak atau layak.

References

[1] P. Studi et al., “Geometri Melalui Permainan Balok Unit Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015-2016,” 2016.
[2] Schiavo, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” 2014.
[3] v. M. buyanov, “済無No Title No Title No Title,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 9–20, 1967.
[4] B. A. B. Iii, “(Research and Development),” pp. 28–43, 2013.
[5] J. S. Vol, “1) & 2),” vol. 8, no. 1, pp. 96–109, 2014.
[6] P. Dan and J. Penelitian, “BAB III METODELOGI PENELITIAN 3.1. Pendekatan Dan Jenis Penelitian,” pp. 30–36, 2012.
[7] Maman Suherman, 2014 KAJIAN TENTANG PERILAKU SISWA DALAM SALAT JUMAT Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
[8] Krobo, A, Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Puzzel Ball Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok a Tk. Yppk. Santo Gabriel, 2021
[9] Wirarta, I. M., Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi, 2006
[10] Pkk, T K
Doro, Kutosari
Pekalongan, Kabupaten
Tengah, Jawa, MELALUI PERMAINAN KOTAK POS Rahardjo, Vol 6, 2016
[11] Fay, Daniel Lenox, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
[12] Program, Dosen
Pendidikan, Studi
Sekolah, Guru
Dharma, Universitas Sanata, Buku teknik penyusunan instrumen penelitian
[13] Tanzeh, Ahmad
Arikunto, Suharsimi, Metode Penelitian, 2020
[14] Vol, Jurnal Sainmatika, 1) & 2), 2014
[15] Paper, Working
Guzman, Kurniawan Candra
Oktarina, Nina
Sugiyono

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Rodhiyah, isyatur, & Marli'ah, S. (2021). ANALISIS HASIL KELAYAKAN MEDIA REACH AND MATCH DALAM MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI: Studi Kasus di TK Harapan Bangsa Karangsari Tuban. Prosiding SNasPPM, 6(1), 653–658. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/932