VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA

STUDI KASUS DI MA MIFTAHUL HUDA

Authors

  • Wahyu Maula Egidya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Tabitha Sri Hartati Wulandari UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE

Keywords:

berpikir kritis; media pembelajaran; video animasi stop motion

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi stop motion pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  siswa SMA/MA. Kelayakan media pembalajaran didasarkan pada kriteria yaitu validitas media berdasarkan hasil penilaian validator. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall dan dilakukan dalam empat langkah yaitu; penyelidikan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan awal format produk, dan uji coba awal. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah media, lembar validasi media. Hasil penelitian menunjukan bahwa; media dinyatakan valid dengan kategori sangat valid dan presentase kevalidan ≥61%.

References

B. Warsita, “Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif,” J. Teknodik, Vol. 14, No. 1, Pp. 62–73, 2018.

J. P. A. U. Dini, “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik Paud Di Tengah Pandemi Covid 19,” J. Obs. J.

Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1, Pp. 686–697, 2021.

S. Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke- 21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” In Seminar

Nasional Pendidikan, 2016, Vol. 2, No. 2, Pp. 1–17.

E. F. Fahyuni, “Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam).” Umsida Press, 2017.

Nani, I. Perdana, And R. Hamama, Syarifah Farissi, “Klasifikasi Jenis Serangga Dan Peranannya Pada

Tanaman Kopi Di Kampung Kenawat – Bener Meriah,” J. Abulyatama, Pp. 264–272, 2019.

S. Maryanti And D. T. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk

Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac,” Vol. 0417, No. 1, 2017.

F. Nuriansyah, “Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa

Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Ekon. Indones., Vol. 1, No. 2, 2020.

P. A. W. Krismayoni And N. K. Suarni, “Pembelajaran Ipa Dengan Model Pembelajaran Children Learning In

Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar,” J. Pedagog. Dan Pembelajaran, Vol. 3,

No. 2, Pp. 138–151, 2020.

H. Purnama, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Dalam Pembelajaran Permainan Sepak Bola

Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Di Kelas X Sma Dharma

Pancasila Medan Tahun Ajaran 2013/2014.” Unimed, 2014.

E. P. Widoyoko, “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Cetakan Ke),” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

W. Sanjaya, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana, 2015.

S. M. H. Thaariq And R. S. N. Yanda, “Nalisis Tingkat Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual

Terhadap Pemahaman Siswapada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Kuala Nagan Raya,” J. Genta Mulia, Vol. 09, No. 2, Pp. 32–43, 2018.

D. R. Sitepu, “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media

Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas Xi Sma Swasta Esa

Prakarsa T.A 2018/2019,” Serunai J. Ilm. Ilmu Pendidik., Vol. 5, No. 1, Pp. 11–18, 2019, Doi: 10.37755/Sjip.V5i1.150.

Y. W. Astuti And A. Mustadi, “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan

Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd,” J. Prima Edukasia, Vol. 2, No. 2, Pp. 250–262, 2014.

A. Puspaningtyas And F. Rachmadiarti, “Validitas Dan Kepraktisan Buku Ajar Ipa Smp Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Klasifikasi Siswa Smp,” Ejournal-Pensa, Vol. 06, No. 01, Pp. 18–22, 2018.

M. Irfandi, Pengembangan Model Latihan Sepak Bola Dan Bola Voli: Studi Penelitian Pada Atlet Putra-Putri

Di Banda Aceh. Deepublish, 2015.

J. Biologi, F. Matematika, D. A. N. Ilmu, P. Alam, And U. N. Semarang, Pengembangan Media “Woody Puzzle”

Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Jaringan Tumbuhan, Vol. 3,

No. 3. 2014.

C. T. Noprinda And S. M. Soleh, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order

Thinking Skill (Hots),” Indones. J. Sci. Math. Educ., Vol. 2, No. 2, Pp. 168–176, 2019.

H. P. Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenada Media, 2016.

A. Mustofa And I. Cintamulya, “Pengembangan Handout Materi Biologi Smp Berbasis Pendekatan

Konsep Pada Sistem Dalam Kehidupan Manusia,” Proceeding Biol. Educ.

A. Z. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) BAGI GURU SMA/MA DIKABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Maula Egidya, W., & Sri Hartati Wulandari, T. (2021). VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA: STUDI KASUS DI MA MIFTAHUL HUDA. Prosiding SNasPPM, 6(1), 447–452. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/970