Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perubahan Perilaku Siswa

Authors

  • Muhammad izzat noor azian 085733217896

Keywords:

Penggunaan aplikasi tiktok,, Perubahan perilaku siswa,

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang mengambarkan seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perubahan perilaku siswa, penggunaan aplikasi tiktok dapat diartikan sebagai kekawatiran pada siswa yang menyalahgunakan aplikasi tiktok dan membuat video yang tidak pantas menjadi tontonan. Dengan sering nya video yang tidak pantas untuk ditonton dan dilihat, sudah pasti banyak merusak moral dan perilaku pada remaja dan kalangan pelajar. Sedangkan perubahan perilaku siswa dapat dikatakan penyesuaian diri dalam menggunakan aplikasi tiktok sebagaimana cara siswa dalam menangkap sebuah informasi dan isi pada aplikasi tiktok yang akan berdampak negatif yang ditimbulkan terutama dengan terlalu sering mengakses dan menggunakan sosial media dapat mengakibatkan kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar, kurangnya konsentrasi dalam pembelajaran, adanya perilaku negatif dan menyebarkan berita hoax. Jenis penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan seberapa besar hubungan antara penggunaan aplikasi tiktok dengan perubahan perilaku siswa SMA Ma’arif Darul Ulum Brondong. Dari semua adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel X (penggunaan aplikasi tiktok) dengan variabel Y (perubahan perilaku siswa). Hubungan dua variabel tersebut adalah 66,8% yang berarti bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 66,8% yang berkategori lemah.

References

E. Nur, A. Asdiniah, and T. Lestari, “Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar,” vol. 5, pp. 1675–1682, 2021.

E. Triastuti, D. Adrianto, and A. Nurul, KAJIAN DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI ANAK DAN REMAJA, 1st ed. Jakarta: Puskakom, 2017.

N. Ilahin, “PENGARUH PENGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH,” IBTIDA, vol. 3, no. 1, p. 8, 2022, [Online]. Available: https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida

Sugiono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D, 22nd ed. Bandung: Alfabeta cv, 2015. hlm 7

Downloads

Published

2024-02-11