Peran komunikasi dalam meningkatkan kinerja karyawan kafe aola pantura di kecamatan paciran kabupaten Lamongan pada tahun 2022
Keywords:
Komunikasi Organisasi, Teori Komunikasi Situasional, Kinerja, Karyawan Kafe Aola Pantura.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya kineja karyawan kafe aola pantura lamongan pada tahun 2022.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Komunikasi Oganisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Kafe Aola Pantura Di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Pada Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan teori Kepemimpinan Situasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melakukan observasi, lalu kemudian melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber di Kafe Aola Pantura Di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian bahwa peran komunikasi berjalan baik dan pihak manajemen kafe aola pantura sanggup melaksanakan 3 point fungsi pemimpin dari 4 fungsi pemimpin yang terdapat pada teori kepemimpinan situasional oleh Harsey dan Blanchard, 3 point fungsi yang dimaksud antara lain:
Fungsi Telling (Memberitahu)
Fungsi Selling (Mensuport)
Fungsi Delegation (Delegasi / mewakilkan)
Sedangkan fungsi yang gagal dijalankan oleh pihak manajemen kafe aola ialah Fungsi Participation (Partisipasi)
References
Dato, rhyo r. dami, Laga, lukas l., & Wutun, M. (2016). peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan (studi deskriftif kualitatif pada supermarket dutalia oesapa kota kupang). Jurnal Undana Universitas Nusa Cendana Kupang, 4(1), 8.
Lossu, G., Liando, daud m, & Waleleng, G. (2016). Peranan komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil di sekritariat daerah kabupaten solong. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 21(2337–4004), 11.
Mandasari, W. (2015). upaya peningkatan kinerja karyawan operasional melalui motivasi kerja, disiplin dan lingkungan kerja. Jurnal Organisasi, 10(3), 14.
Nurikhsan, F., Indrianie, webby salsabila, & Safitri, D. (2019). fenomena coffeeshop dikalangan konsumen remaja. Jurnal Widya Komunika, 9(2), 8.
Pendidikan, G. (2029). Peran : pengertian, konsep, struktur, jenis dan ruang lingkup terlengkap. Seputarilmu.Com. www.seputarilmu.com
Simamora, R. T. (2021). komunikasi organisasi (W. mariatul Kifti & J. Hutahaean (eds.); 1st ed.). Yayasan kita menulis.
www.pakdosen.co.id. Artikel diakses pada 5 November 2022.
www.kbbi.kemdikbud.go.id. Artikel diakses pada 5 November 2022.
www.Travelingyuk.com. Artikel diakses pada 5 November 2022.
www.Penerbitdeepublish.com. Artikel diakses pada 5 November 2022.
www.dictio.id. Artikel diakses pada 5 November 2022.
www.gurusiana.id. Artikel diakses pada 5 November 2022.
www.komunikasi101.wordpress.com Artikel diakses pada tanggal 5 November 2022.
www.seputarilmu.com Artikel diakses pada tanggal 5 November 2022.