ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Authors

  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Syaiful Bekti Santoso Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Keywords:

Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Kesiapan Berwirausaha

Abstract

Wirausahawan dikalangan mahasiswa merupakan suatu solusi yang baik untuk mengurangi jumlah pengangguran dikalangan lulusan perguruan tinggi yang dikhawatirkan akan terus meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa program pendidikan ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, (2) Untuk  mengetahui  pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa program pendidikan ekonomi (3) Untuk  mengetahui  pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa program pendidikan ekonomi. Hasil analisis Uji t terbukti t hitung X1 (pengetahuan kewirausahaan) nilai thitung> ttabel yaitu sebesar 2,875 > 1,99125, dan X2 (lingkungan keluarga) nilai thitung> ttabel yaitu sebesar 5,214 > 1,99125. Sedangkan untuk analisis Uji F terbukti nilai Fhitung(65,724) > Ftabel (3,12) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai R Squared, yakni yakni 0,631. Jadi, kontribusi pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha Mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung sebesar 63,1%, sedangkan sisanya 36,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha Mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. 

References

Agustina, E. (2015). Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Bacasiswa Di Perpustakaanmanyogyakarta Iii Skripsi. Skripsi, 1–150.

Amenan, S. (2016). Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Online : http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi Kesiapan Berwirausaha Siswa Smk Se-Kabupaten Lombok Tengah Entrepreneurship Readiness Of Students Of Vocational High Schools In Central Lombok Regency Viewed MotivatI. Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 1–13.

Anggraeni, B. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, X(1), 42–52.

Aprilianty, E. (2012). Pengetahuan Kewirausahaan , Dan Lingkungan the Effect of Entrepreneur Personality , Entrepreneurship Knowledge , and Environment on Entrepreneurial Interest. Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324. https://doi.org/10.1007/s11365-012-0246-x

Ardini, L. (2017). Terhadap Kinerja Karyawan Pada Uptd Parkir. Ekuitas, 13(2), 238–258.

Arini. (2011). Pengaruh Prestasi Praktik Kerja Industri dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas 3 Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi, 1–116.

Aghni, R. I. (2013). Kesiapan Berwirausaha siswa kelas III SMK Negeri Se-Kabupaten Lombok Timur NTB ditinjau dari Informasi Berwirausaha,Konsep Diri,Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga. Tesis, 1-216.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

Chomzana, K. M. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Diyanti, I. S., & Soejoto, A. (2015). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Gema 45 Surabaya. Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015, 1, 1–18. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1, 1–70.

Indriyatni, L. (2013). Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE PELITA NUSANTARA SEMARANG ) Lies Indriyatni *). Fokus Ekonomi, 8(1), 52–59.

Jusmin, E. (2012). Pengaruh latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa smk di kabupaten tanah bumbu. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21, 46–59.

Koranti, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal terhadap minat wirausaha. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5(1998), 8–9. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2006.05.002

Kusuma, P., Antara, N.---H., Menjadi, M., Dan, G., Dengan, K., Belajar, P., … Akuntansi, P. E. (2013). Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS, 2(1), 59–71.

Negara, R. (2013). Pengaruh prestasi belajar kejuruan, pengetahuan kewirausahaan dan.

Noviantoro, G. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, 1 – 169.

Nugrahanto, R. P. (2016a). Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII SMKN 1 Kebumen Tahun 2015 / 2016 Entrepreneurial Readiness Of Grade Xii Students Of Public Vocational. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 23–29.

Nugrahanto, R. P. (2016b). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik Di Unit Produksi Sekolah, Dan Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, 1–145.

Nitisusastro, M. (2010). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Prima Melyana, I., & Pujiati, A. (2015). Pengaruh Sikap Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Melalui Self-Efficacy Info Artikel. Jee, 4(1), 8–13. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Ramadani, A. H., Sudjimat, D. A., & Soekopitojo, S. (2015). Kontribusi pengetahuan kewirausahaan, prestasi prakerin, kompetensi keahlian terhadap minat berwirausaha dan kesiapan berwirausaha siswa smk paket keahlian teknik pemesinan di madura. Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 38, no.2, September 2015, 38(2), 199–210.

Ratumbuysang, M. F. N. G., & Aliyah A. Rasyid. (2015). Roles of the Parents, Environments, and Entrepreneurship Learning on the Entrepreneurial Readiness. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 15–26.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian. Bandung:Alfabeta

Sapir, Heri Pratikto, Wasiti, Agus Hermawan Ekonomi, F., & Negeri, U. (2014). Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 79–91.

Supriyanto, & Muhson, A. (2010). Bahasa Indonesia Untuk SMA dan MA kelas X.

Saroni, M. (2012). Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sukmadinata, S. N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Widhiandono, H. dkk. (2016). Pendidikan Terhadap Intensi Kewirausahaan Alumni Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA, 159–178.

Wijaya, U. T. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Konsep Diri. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 79–86.

Wijayanti, L. nur, Sutikno, T. admaji, & Sukarnati. (2016). Konstribusi pengetahuan kewirausahaan, pengalaman prakerin, dan kreativitas terhadap kesiapan berwirausaha. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1364–1375.

Downloads

Published

2024-02-11