PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri W. H. Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing, Koperasi Mahasiswa

Abstract

Pemasaran adalah aspek yang sangat penting dalam bisnis modern karena membantu perusahaan mencapai sasaran mereka, menjaga persaingan, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Selain itu, perkembangan teknologi informasi dan internet telah mengubah cara pemasaran dilakukan, termasuk pemasaran digital dan media sosial, yang telah menjadi sangat relevan dalam mencapai konsumen secara lebih efektif. Pemasaran digital terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen. Perusahaan dan pemasar harus terus memperbarui strategi mereka untuk tetap relevan dan efektif dalam mencapai target audiens di dunia digital yang semakin terhubung ini. Pelatihan digitak marketing menawarkan berbagai manfaat yang berharga bagi mahasiswa, antara lain  ; 1) Peningkatan Keterampilan: 2) Persiapan Karir: 3) Peningkatan Daya Saing: 4) Pengembangan Keahlian Khusus: 5) Networking: 6) Peningkatan Kepercayaan Diri: 7) Memperluas Wawasan : 8) Peningkatan Efisiensi Belajar: 9) Meningkatkan Tanggung Jawab: 10) Membuka Peluang Baru.

References

Abdullah Igo BD, Edy Karno, Rizal, Muh. Ilham K. 2022. PELATIHAN KOPERASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMBUKUAN BAGI PENGURUS KOPERASI SIMPAN PINJAM. Amal Ilm J Pengabdi Kpd Masy e-ISSN. 4(1):23–28.

Anasrulloh M. 2017. Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo. Abdimas. 5(1):26–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/j-adimas.v5i1.631

Anasrulloh M, Kadeni MAS, S IS. 2023. Pendampingan Legalitas Usaha Umkm untuk Meningkatkan Kredibilitas Masyarakat Desa Karanganom. J Entrep Community Innov. 1(2):35–42. https://doi.org/10.33476/jeci.v1i2.25

Mudjijah S, Anggraini T. 2021. Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. J Abdimas BSI J Pengabdi Kpd Masy. 4(1):119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596

Muslim A, Ridlo MR, Hakim L. 2023. Pelatihan Digital Marketing Dan Pemberdayaan Usaha Kepada UMKM dan Calon Wirausaha Muda NTB. J Dedik Madani. 1(2):53. https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7112

Pramesti NKY dan NPD. 2023. PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PELATIHAN E- COMMERCE DI KABUPATEN BADUNG. Abdimas Galuh. 5(1):22–28.

Putri EE, Dkk. 2021. Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan (Pada Cafe Rajo Corner Di Padang ). J Pengabdi Masy Pemberdayaan, Inov dan Perubahan. 1(2):8–13.

Sukidjo SS dan D. 2000. PELATIHAN PROGRAM KOPERASI MAHASISWA PROGRAM MAGANG KEWIRAUSA}IAAN (MKU). J Inov DAN Teknol. 1(3):117–122.

Syarif, Birgantoro BA, Hermawan A, Gani MA, Sugiyanto S, Maddinsyah A. 2022. Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. J Pengabdi Masy Madani. 2(1):54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56

Wasan GH, Anita Sariningsih. 2021. Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. J Pengabdi Bina Mandiri. 1(1):31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7

Widiawati C, Kusumaningtyas D. 2021. Pendampingan Usaha Rumahan Menjadi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Soc J Pengabdi dan Pemberdaya Masy. 2(1):1–7. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.149

Published

2024-02-11