BENTUK DAN FUNGSI HUMOR DALAM FILM YOWIS BEN 1 KARYA BAYU EKO MOEKTITO DAN FAJAR NUGROS

Authors

  • Winda Septia Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sarujin Sarujin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

dialog humor dalam film

Abstract

 

Film merupakan bentuk hiburan bagi setiap orang. Film memiliki banyak genre yang dapat menghibur khalayak umum dan memberikan cerita menyentuh dari setiap karakter yang ditampilkan. Genre film yang dapat menghibur salah satunya adalah genre komedi. Dalam film genre komedi terdapat humor baik mimik maupun perkataan, salah satunya pada film Yo Wis Ben 1 karya Bayu Eko Moektito dan Fajar Nugros. Akan tetapi, tidak sedikit penonton memahami, sehingga perlu digunakan kajian dengan kajian sosiolinguistik. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi humor dalam Film Yo Wis Ben 1 Karya Bayu Eko Moektito dan Fajar Nugros. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif. Terdapat dua data dalam penelitian ini, data primer yaitu film Yo Wis Ben 1 karya Bayu Eko Moektito dan Fajar Nugros. Data sekunder didapatkan dari bahan bacaan yang memiliki relevansi dengan aspek pendukung. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumetasi, simak catat, studi pustaka, dan korpus data. Teknik dokumentasi digunakan untuk screenshoot dalam setiap adegan yang ada dalam Film Yo Wis Ben 1, teknik simak catat digunakan menonton serta mencatat poin penting dalam film, teknik studi pustaka mengumpulkan data dari sumber yang lainnya, dan teknik korus data digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara membuat tabel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebagai berikut. (1) Bentuk humor superioritas dan degradasi,(2) bentuk humor bisosiasi, bentuk humor pelepasan atau inhibisi dalam film Yo Wis Ben 1 karya Bayu Eko Moektito dan Fajar Nugros. Serta (1) fungsi sebagai sarana penghibur, (2)sarana mengkritik atau mengejek, dan (3)sarana menjelaskan.

Kata Kunci: sosiolingustik, film, dan humor

References

Hestiyana, H. (2019). Bentuk Dan Fungsi Campur Kode Dalam Transaksi Jual-Beli Di Pasar Arjowinangun Pacitan. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 5(1), 18-34.

Wirawan, S., & Shaunaa, R. (2021). Analisis Penggunaan Campu Kode dan Alih Kode dalam Video Akun Youtube Londokampung. Jurnal Budaya Brawijaya, 1(2), 17-22.

Utami, I. I. (2018). Strategi Humor pada Acara Stand UP Comedy. Jurnal Bahasa Dan Sastra, II(2), 219–245.

Listiyorini, A. (2017). Wacana humor dalam Meme di Media Online Sebagai Potret Kehidupan Sebagian Masyarakat Indonesia. LITERA, 16(1), 64–77.

P. E. S. Adnyana, “ TEKS ADIPARWA DALAM KAJIAN SOSIOLINGUISTIK: KONTAK BAHASA SANSKERTA DALAM BAHASA JAWA KUNA.” Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 2023, 13(1), 90-98.

Sugiarto, V. D. (2016). Teknik humor dalam film komedi yang dibintangi oleh stand up comedian. Jurnal E-Komunikasi, 4(2).

Handayani, E. N., & Prayitno, H. J. (2020). Analisis Tuturan Humor Dalam Film Warkop DKI Reborn: Kajian Pragmatik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Anisa, N. (2021). Analisis Wacana Humor dalam Film Warkop DKI “Jangkrik Bos (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Amalia H, R. (2020). WACANA HUMOR DALAM SKENARIO FILM UANG PANAIK: ANALISIS TEKNIK DAN BENTUK TINDAK TUTUR (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Wangi, T. A., & Surana, S. (2023). BAHASA HUMOR DALAM LOKADRAMA “LARA ATI” DI SCTV KARYA BAYU SKAK TAHUN 2022 (Kajian Pragmatik). JOB (Jurnal Online Baradha), 19(2), 297-315.

ZAKARIA, Z. (2021). POLA TEKS HUMOR PADA ACARA PACARITA RADIO GAMASI FM (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Abdillah, S., & Hartanto, D. A. (2023). The Peran Mise En Scene dalam Mendukung Penciptaan Humor pada Film Milly & Mamet (Ini Bukan Cinta & Rangga). ROLLING, 6(1), 35-46.

Kurniawan, R. (2019). Analisis Wacana Humor Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Tirtamenda, A. R. (2021). Permainan Bahasa dan Analisis Semiotika Pada Dialog Film Pendek ‘Tilik’. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(1), 1-9.

M. Ramdhan, “Metode penelitian.” Cipta Media Nusantara, 2021.

Amri, F. (2020). Penyutradaraan Film Drama Komedi “Masih Kecil” Dengan Menggunakan Hiperbola Untuk Meningkatkan Humor (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Sari, I. A. R. (2020). Kekerasan verbal dalam film kartun KIKO (verbal violence IN the KIKO cartoon film). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 10(2), 99-116.

Downloads

Published

2024-02-11