Persepsi Pedagang Ikan Skala Mikro Terhadap Pemanfaatan Sarana Prasarana Gedung Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan Jawa Timur

Authors

  • muhammad azizan ulul'azmy Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban (UNIROW)
  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pemanfaatan; Gedung PPDI; tempat pelelangan ikan; pedagang ikan skala mikro; ppn brondong

Abstract

ABSTRAK

Pelabuhan perikanan nusantara brondong Lamongan Salah satu jenis pelabuhan tersebut yang terletak di Jawa Timur yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang terletak di Brondong Lamongan merupakan salah satu pelabuhan perikanan besar yang ada di Indonesia. PPN Brondong ini termasuk jenis pelabuhan tingkat ll dari jenis pelabuhan perikanan yang ada.Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kepuasan pedagang ikan skala mikro terhadap sarana dan prasarana Gedung Pelabuhan Pemasaran dan Distribusi Ikan, serta untuk mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana Gedung Pelabuhan Pemasaran dan Distribusi Ikan. Penelitian ini dilaksanakan di PPN Brondong bulan Juni 2023.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.Metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan cara purposive sampling, yaitu pedagang ikan skala mikro sebagai responden dengan pengambilan 40 responden secara sengaja dengan metode kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan tanggapan pedagang ikan skala mikro terhadap pemanfaatan sarana dan prasarana Gedung Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan di PPN Brondong sudah baik.berdasarkan presentase responden yang didapat bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana Gedung PPDI baik dan terjaga kondisinya, baik kebersihan maupun kelayakannya dikarenakan adanya upaya peningakatan pada sarana dan prasarana Gegung PPDI ditunjukkan dengan prsentase jawaban pada variabel X1 SS sebanyak rata-rata 53% ,S sebanyak 33% dan Ragu-Ragu (RR) rata-rata 13,5 % dan tidak setuju(TS) 0,5%,variabel X2 SS sebanyak 67% rata-rata,S 27,5% rata-rata,Ragu-Ragu (RR) 2,5% dan tidak setuju (TS) sebanyak 3% dan variabel Y  SS sebanyak 63% rata-rata,S 34,5% rata-rata,RR 0,5% dan TS 2%.

References

Wiyono, W. Peran dan Strategi Koperasi Perikanan dalam Menghadapi Tantangan Pengembangan TPI dan PPI di Indonesia Terutama di Pulau Jawa. [Makalah]. Disampaikan dalam Semiloka Internasional tentang Revitalisasi Dinamis Pelabuhan Perikanan dan Perikanan Tangkap di Pulau Jawa dalam Pembangunan Perikanan Indonesia. Bogor,2005.

Murdiyanto. Pelabuhan Perikanan, Fungsi, Fasilitas, Panduan Operasinal, Antrian kapal, Bogor, Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan –FPIK-IPB,2003.

PPN Brondong] Pelabuhan Perikanann Nusantara Brondong. 2023. Laporan Tahunan PPN Brondong. Lamongan,2022.

Susilowati, E. Pemetaan Ekspor Ikan di TPI Juwana-Pati dan Kota Pekalongan. Penelitian FE Undip Kerjasama dengan Propinsi Jawa Tengah. Semarang,2003.

Sugiyono. MetodePenelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung :Alfabeta Siswadi & Imam Mujiarto. 2013. Optimasi Sistem Pelayanan Bongkar Muat Peti Kemas Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Dengan Model Simulasi Antrian, Program Studi Teknika, Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor “AMNI”,2015.

.

Bintang. Membangun Indonesia yang maju, makmur dan mandiri melalui pembangunan maritim .makalah disampaikan pada temunasional visi dan misi Maritim Indonesia dari sudut pandang politik, Jakarta,18 februari 2004. Skripsi S1 Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan iImu Politik Universitras Maritim raja ali haj, tanjung pinang dahuri,R. 2004,2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung :

Alfabeta,2008.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta,2012.

Baihaqi, Erick. "PERANAN SARANA PRASARANA TEMPAT PELELANGAN IKAN TERHADAP KELAYAKAN PENDAPATAN TENGKULAK IKAN SKALA MODAL MIKRO DIPELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG LAMONGAN:(Studi Kasus di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Kecamatan Brondong, kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur)." Prosiding SNasPPM 7.2 (2023): 1220-1224.

Downloads

Published

2024-02-11