Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pedagang ikan skala mikro di ppn brondong
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pedagang ikan skala mikro di PPN Brondong secara parsial dan simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pedagang ikan skala mikro PPN Brondong. yang berjumlah 173 dan sampel yang digunakan adalah 60 pedagang dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Instrument penilaian penelitian yang digunakan adalah metode skala likert. Serta Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F Dan Koefisien Determenasi. Hasil penelitian ini dengan menggunakan perhitungan statistic melalui aplikasi (SPSS) versi 24, menunjukkan bahwa nilai t untuk variable fasilitas (X1) t hitung lebih besar dari t tabel (3,314 > 1,672) dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan pelayanan (X2) t hitung lebih dari t tabel (4,682> 1,62) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 dan dari hasil uji F didapat nilai fhitung dan ftabel sebesar 288,810 > 3,16 maka dapat disimpulkan hal ini menunjukkan bahwa variable fasilitas dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pedagang ikan skala mikro di PPN Brondong Desa Brondong Kecamatan Brondong – Lamongan.
Kata Kunci: Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pedagang
References
E. Lubis, Pelabuhan perikanan. PT Penerbit IPB Press, 2019.
D. A. Putri and A. P. Gumilang, “Analisis Perbandingan Efisiensi Teknis Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bondet Dan Karangreja di Perairan Cirebon,” Barakuda 45 J. Ilmu Perikan. dan Kelaut., vol. 4, no. 1, pp. 86–100, 2022.
D. WINARNO, O. Supriadi, and I. E. Jumiati, “MANAJEMEN PENGELOLAAN TEMPAT PELELANGAN IKAN PANIMBANG DI KABUPATEN PANDEGLANG.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015.
R. A. A. Soemitro and H. Suprayitno, “Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas,” J. Manaj. Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 2, 2018.
N. C. Marati, “Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada konsumen gojek di Surabaya),” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 4, no. 3, 2016.
M. Ibrahim and S. M. Thawil, “Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen,” J. Ris. Manaj. Dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 4, no. 1, pp. 175–182, 2019.
A. D. W. I. P. FEIZAL, “ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANAN SYAHBANDAR, FASILITAS, DAN KEAMANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NELAYAN DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PRIGI,” SKRIPSI, 2021.
F. Tjiptono, Strategi pemasaran. Andi Offset, 2015.
D. DWI DJAYANTI, “KOMPARASI PENDAPATAN ANTARA NELAYAN SWADANA DENGAN NELAYAN MODAL DARI TENGKULAK DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) JAYANTI.” Universitas Siliwangi, 2019.
Y. R. Suci, “Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia,” J. Ilm. cano Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 51–58, 2017.
S. Arikunto, “Pendekatan Penelitian,” Jakarta: Rineka Cipta, 2018.
D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2015.
A. E. Sujianto, “Aplikasi statistik dengan SPSS 16.0,” 2015.
B. Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia, 2021.
D. Arya, L. Rochmawati, and I. Sonhaji, “Koefisien korelasi (r) dan koefisien determinasi (r2),” J. Penelit., vol. 5, no. 4, pp. 289–296, 2020.