Pengembangan E-Modul Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi KPK dan FPB Kelas IV SDN Merkawang Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Dwi Fatmawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Elektronik Modul, ASSURE, Media, Hasil Belajar, KPK dan FPB

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang biasa digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil observasi dan angket terbuka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran sudah sangat bervariasi akan tetapi sering kali disalah gunakan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil pretest, dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi masih sangatlah kurang, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan kapan saja. Sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi, salah satunya dengan mengembangkan E-Modul Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi KPK dan FPB Kelas IV SDN Merkawang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ASSURE, yang memiliki 6 tahapan yaitu, Analyze Learner Charakteristic, State Objective, Select Method, Media and Learning Materials, Utilize Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, pretest, posttest, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Merkawang dengan melibatkan peserta didik kelas IV. Produk pengembangan telah divalidasi oleh validator ahli dengan perolehan validator ahli materi sebesar 80% dengan kategori sebagian besar layak, ahli bahasa 80% dengan kategori sebagian besar layak, 100% dari validator ahli media dengan kategori sebagian besar layak, dan 100% dari praktisi sekolah dasar dengan kategori sebagian besar layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul Berbasis Android layak untuk dikembangkan dan digunakan.

 

References

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Faraninda Felia, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada

Materi KPK dan FPB Kekas IV SD Mohammadiah 05 Batu. Skripsi. FKIP.

Universitas Muhammadyah Malang.

Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two

Stray. Nusa Tenggara Barat : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian

Indonesia.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat,

A., Mardiana, & Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten : Grup

Penerbit CV TAHTA MEDIA GROUP.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kuswono. (2017). PENGEMBANGAN MODUL SEJARAH PERGERAKAN

INDONESIA TERINTEGRASI NILAI KARAKTER RELIGIUS.

Pendidikan, 05(01), 31–44.

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul

Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar.

Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322

Malik, A., & Chusni, M. (2018). Statistik Pendidikan. Yogyakarta : Grup Penerbit

CV BUDI UTAMA.

Murod, M., & Utomo, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-modul Interaktif

Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas

VI SD. Akademika, 20, 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik. Medan :

Yayasan Kita Menulis.

Nisfatun Nuroifah. (2010). Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Aplikasi

Android Materi Sistem Ekskresi siswa kelas XI SMA Negri Dawarblandong

Mojokerto.

Akademika,

, 1–10.

htt://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/12074

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : UMSIDA press.

Patkur, M., & Wibowo, T. W. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran

Autocad Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X TPM

di SMK 1 Sidoarjo. JTPM, 01(03), 86–96.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses.

Jakarta : PT Dian Rakyat-Jakarta.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Physics LearningBy E-Module.

Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan

Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan

Fisika, 7(1), 17–25.

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Diakses pada 15

Juni 2023. dari

Universitas Negeri Yogyakarta

:

http;//staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-

teknik-penyusunan-modul.pdf

Shaldino, S., Henich, R., Russell, J., & Michael, M. (2014). Instructional

Technology and Media for Learning. Kalimantan Tengah : KENCANA

PRENADA MEDIA GRUP.

Shoffa, S., Holisin, I., F. Palandi, J., Cacik, S., Indriyani, D., Eddya Supriyanti, E.,

Basith, A., & Ceng Giap, Y. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di

Perguruan Tinggi. Bojonegoro : CV. AGRAPANA MEDIA.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran

matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–

https://doi.org/Https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Siyoto, S., & Ali, m. sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :

Literasi Media.

Yanindah, A. T. C., & Ratu, N. (2021). Pengembangan E-Modul SUGAR Berbasis

Android. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 607–622.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.445

Downloads

Published

2024-02-11