Pengembangan E-Modul Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi KPK dan FPB Kelas IV SDN Merkawang Tahun Ajaran 2022/2023
Keywords:
Elektronik Modul, ASSURE, Media, Hasil Belajar, KPK dan FPBAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang biasa digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil observasi dan angket terbuka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran sudah sangat bervariasi akan tetapi sering kali disalah gunakan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil pretest, dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi masih sangatlah kurang, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan kapan saja. Sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi, salah satunya dengan mengembangkan E-Modul Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi KPK dan FPB Kelas IV SDN Merkawang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ASSURE, yang memiliki 6 tahapan yaitu, Analyze Learner Charakteristic, State Objective, Select Method, Media and Learning Materials, Utilize Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, pretest, posttest, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Merkawang dengan melibatkan peserta didik kelas IV. Produk pengembangan telah divalidasi oleh validator ahli dengan perolehan validator ahli materi sebesar 80% dengan kategori sebagian besar layak, ahli bahasa 80% dengan kategori sebagian besar layak, 100% dari validator ahli media dengan kategori sebagian besar layak, dan 100% dari praktisi sekolah dasar dengan kategori sebagian besar layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul Berbasis Android layak untuk dikembangkan dan digunakan.
References
Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Faraninda Felia, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada
Materi KPK dan FPB Kekas IV SD Mohammadiah 05 Batu. Skripsi. FKIP.
Universitas Muhammadyah Malang.
Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two
Stray. Nusa Tenggara Barat : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian
Indonesia.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat,
A., Mardiana, & Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten : Grup
Penerbit CV TAHTA MEDIA GROUP.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kuswono. (2017). PENGEMBANGAN MODUL SEJARAH PERGERAKAN
INDONESIA TERINTEGRASI NILAI KARAKTER RELIGIUS.
Pendidikan, 05(01), 31–44.
Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul
Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar.
Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322
Malik, A., & Chusni, M. (2018). Statistik Pendidikan. Yogyakarta : Grup Penerbit
CV BUDI UTAMA.
Murod, M., & Utomo, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-modul Interaktif
Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas
VI SD. Akademika, 20, 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik. Medan :
Yayasan Kita Menulis.
Nisfatun Nuroifah. (2010). Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Aplikasi
Android Materi Sistem Ekskresi siswa kelas XI SMA Negri Dawarblandong
Mojokerto.
Akademika,
, 1–10.
htt://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/12074
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : UMSIDA press.
Patkur, M., & Wibowo, T. W. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran
Autocad Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X TPM
di SMK 1 Sidoarjo. JTPM, 01(03), 86–96.
Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung : PT
Remaja Rosdakarya.
Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses.
Jakarta : PT Dian Rakyat-Jakarta.
Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Physics LearningBy E-Module.
Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan
Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan
Fisika, 7(1), 17–25.
Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Diakses pada 15
Juni 2023. dari
Universitas Negeri Yogyakarta
:
http;//staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-
teknik-penyusunan-modul.pdf
Shaldino, S., Henich, R., Russell, J., & Michael, M. (2014). Instructional
Technology and Media for Learning. Kalimantan Tengah : KENCANA
PRENADA MEDIA GRUP.
Shoffa, S., Holisin, I., F. Palandi, J., Cacik, S., Indriyani, D., Eddya Supriyanti, E.,
Basith, A., & Ceng Giap, Y. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di
Perguruan Tinggi. Bojonegoro : CV. AGRAPANA MEDIA.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran
matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–
https://doi.org/Https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Siyoto, S., & Ali, m. sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :
Literasi Media.
Yanindah, A. T. C., & Ratu, N. (2021). Pengembangan E-Modul SUGAR Berbasis
Android. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 607–622.