PENGARUH MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU 01 SENDANGHARJO BRONDONG LAMONGAN

Authors

  • tiara jaqulina misni Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media wayang, kemampuan bahasa anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang terhadap kemampuan berbahasa anak di kelompok A TK Muslimat NU 01 Sendangharjo Brondong Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan strategi eksperimen. Subjek eksplorasi berjumlah 30 orang dari TK Muslimat NU 01 Sendangharjo Brondong Lamongan yang terdapat 15 anak kelompok kontrol dan 15 anak kelompok uji coba. Prosedur penilaian melibatkan persepsi sebagai Inspeksi Kelompok. Pemeriksaan informasi yang digunakan oleh pendidik, misalnya 3 pertanyaan dan informasi bermacam-macam sebagai lembar penjelasan sebagai kerangka instrumen. Konsekuensi dari kajian yang didapat adalah adanya pengaruh media wayang terhadap kemampuan berbahasa anak pada kelompok A TK Muslimat NU 01 Sendangharjo Brondong Lamongan tahun pelajaran 2021/2022, pada temu eksploratif didapatkan nilai 79,99 untuk kelompok eksperimen, kelompok kontrol 70,83.

References

Vitasari dan unzila “ pengaruh metode bermain peran berbantuan medial wayang terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B ” jurnal pendidikan anak usia dini ( undiksha 5.1, 2017) h.77.

Suyadi Teori Pembelajaran Anak Usia Dini” (Bandung, PT remaja rosdakarya ovset) h.22

Sugiyono.2000. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-02-11