PELATIHAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI PARA GURU DI SDN KARANGASEM KABUPATEN TUBAN DENGAN MEMANFAATKAN CHAT GPT

Authors

  • Dwi Wahyu Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. AI telah memberikan peluang baru dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan hasil mengenai penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi para guru di SDN Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dalam memanfaatkan teknologi AI dalam konteks pembelajaran. PTK digunakan sebagai kerangka penelitian yang tepat untuk menyelidiki dan mengembangkan penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran.  Adapun langkah-langkah pelaksanaan dimulai diantaranya (1) Menyiapkan komputer/laptop sebagai media pelatihan penyusunan PTK dengan teknologi AI, (2) Menyiapkan proyektor dan layar proyektor sebagai media presentasi, (3) Menyiapkan paket data/wifi untuk menghubungkan ke jaringan internet, (4) Melakukan Log in ke Google Chrome dan cari Chat GPT di pencarian, lalu klik pada bagian alamat chat GPT openai.com, (5) Memilih menu Sign Up untuk mendaftar dan membuat akun dan (6) Setelah akun telah terverifikasi maka dapat dilanjutkan dengan log in di akun yang telah terverifikasi. Pelatihan ini mampu meningkatkan kapasitas guru di SDN Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dalam penyusunan PTK dan telah mahir mengoperasikan chat GPT. Peran serta guru dalam berinteraksi dengan peserta didik tetap menjadi bagian penting untuk menciptakan kondisi yang humanis dalam proses pembelajaran. Kemajuan Teknologi Kecerdasan Buatan  mambantu guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan tidak membosankan dengan berbagai aplikasi yang tersedia.

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Chat GPT, artificial intelligence, pembelajaran kelas

References

Nazaidah S, Wiratsiwi W. 2023. Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Digital Dengan Aplikasi Educandy Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 1196-1203. Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban, 27 Agustus.

Andrianingsih, R. & Mustika, D. 2022. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.6 No. 6: 6164-6172

Malawi, I., Srijani, N. & Maruti, E. S. 2022. Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis TIK Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Abdimas Singkerru. Vol. 2 No. 1: 1-7

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S. & Gitakarma, M. S. 2022. Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS). Vol. 1 No. 1: 15-21

Downloads

Published

2024-02-11