Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di TK Karunia Desa Woro Kecamatan Kragan

Authors

  • Sri Sunarsih Mahasiswa
  • Siti Marliah Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini memuat hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Karunia Desa Woro Kecamatan Kragan. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat problema yaitu adalah yaitu masalah pendidikan Agama khususnya didalam membaca Aiqur’an. Anak – anak di TK Karunia masih banyak yang kurang minat atau senang dalam membaca Alqur’an. Kurang minatnya anak anak dalam membaca Alqur’an menjadi salah satu masalah dan menjadi fokus penelitian dalam artikel ini. Pemakaian metode yang kurang sesuai dalam suatu pembelajaran dapat mengakibatkan hasil pembelajaran kurang maksimal yaitu dalam rangka menerapkan kemampuan anak dalam baca Alqur’an. Prinsip baca Alqur’an menggunakan metode tilwati adalah diajarkan secara praktis dengan menggunakan lagu rost ,diajarkan secara klasikal dengan memakai alat peraga dan diajarkan secara individu dengan menggunakan tehnik baca simak dengan bantuan buku tilawati. Implementasi belajar Alqur’an dengan metode tilawati di TK Karunia Desa Woro memberikan pengaruh yang signifikan kepada anak anak dalam rangka belajar membaca Alqur’an. Faktor penghambat dan juga factor pendukung dalam belajar Alqur’an dengan penggunaan metode tilawati dipengaruhi oleh beberapa factor dan kondisi lapangan,guru dan juga siswa. Dengan demikian diharapkan minat belajar anak di TK Karunia Desa Woro dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran lebih maksimal dan bermutu.ABSTRAK
Artikel ini memuat hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Karunia Desa Woro Kecamatan Kragan. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat problema yaitu adalah yaitu masalah pendidikan Agama khususnya didalam membaca Aiqur’an. Anak – anak di TK Karunia masih banyak yang kurang minat atau senang dalam membaca Alqur’an. Kurang minatnya anak anak dalam membaca Alqur’an menjadi salah satu masalah dan menjadi fokus penelitian dalam artikel ini. Pemakaian metode yang kurang sesuai dalam suatu pembelajaran dapat mengakibatkan hasil pembelajaran kurang maksimal yaitu dalam rangka menerapkan kemampuan anak dalam baca Alqur’an. Prinsip baca Alqur’an menggunakan metode tilwati adalah diajarkan secara praktis dengan menggunakan lagu rost ,diajarkan secara klasikal dengan memakai alat peraga dan diajarkan secara individu dengan menggunakan tehnik baca simak dengan bantuan buku tilawati. Implementasi belajar Alqur’an dengan metode tilawati di TK Karunia Desa Woro memberikan pengaruh yang signifikan kepada anak anak dalam rangka belajar membaca Alqur’an. Faktor penghambat dan juga factor pendukung dalam belajar Alqur’an dengan penggunaan metode tilawati dipengaruhi oleh beberapa factor dan kondisi lapangan,guru dan juga siswa. Dengan demikian diharapkan minat belajar anak di TK Karunia Desa Woro dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran lebih maksimal dan bermutu.

Author Biography

Siti Marliah, Universitas PGRI Ronggolawe

Sebagai seorang Mahasiswa .

References

Ali Muaffa dkk.(2018).Strategi Pembelajaran Alqur’an Metode Tilawati

Surabaya:Pesantren Alqur’an Nurul Falah PTT VB

Rusmono, (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Pendiidkan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, R & D, Bandung: Alfabeta.

Syaikh Manna Al Qaththan , (2006). Pengantar Studi Ilmu Alqur;an. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar.

Downloads

Published

2024-02-11