KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PACIRAN

Authors

  • Mahnita Dihan Tubaila Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Guru sebagai agen pembaharu dalam pelaksanaan pendidikan. Indikator kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar meliputi kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan prinsip kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan dan tantangan guru mata pelajaran ekonomi di masa mendatang dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berkenaan dengan teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data secara periodik mulai dari reduksi data sampai dengan penarikan kesimpulan. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru mata pelajaran ekonomi ditinjau menurut Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memuat empat indikator antara lain yaitu memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dari tujuan pembelajaran, dan merancang pembelajaran. Sedangkan, terkait tantangan guru mata pelajaran ekonomi di masa mendatang menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memuat empat indikator yaitu tantangan kesiapan sumber daya manusia (guru) sebagai pilar utama pelaksanaan kurikulum merdeka, tantangan kemampuan guru dalam pemberdayaan fasilitas teknologi berbasis digital, tantangan untuk memperkuat jaringan komunikasi dan kemitraan antara satuan pendidikan dengan pemangku kepentingan terkait, dan tantangan untuk menjalankan fungsi asesmen pembelajaran yang merupakan bagian terpadu dalam pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini guru sudah berhasil mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, namun di beberapa aspek perlu adanya perbaikan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan implementasi kurikulum merdeka belajar dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Kesiapan Guru Mata Pelajaran Ekonomi, Tantangan Guru Mata Pelajaran Ekonomi di Masa Mendatang, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

 

References

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 7911–7915, 2022.

kemenkopmk.go.id, “Merdeka Belajar, Ikhtiar Memperkuat Pilar Pendidikan,” 2022. https://www.kemenkopmk.go.id/merdeka-belajar-ikhtiar-memperkuat-pilar-pendidikan#:~:text=Menteri Dikbudristek%2C Nadiem Makarim mengatakan,%2C dunia industri%2C dan masyarakat. (accessed May 18, 2023).

H. Hardiansyah and N. Kamil, “Implikasi empat modalitas belajar Fleming terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar,” Sangkalemo Elem. Sch. Teach. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2022.

Permendikbud No. 22 Tahun 2020, “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024,” Kementeri. Pendidik. dan Kebud., p. 47, 2020.

E. W. Abbas, J. Jumriani, M. R. N. Handy, S. Syaharuddin, and N. Izmi, “Actualization of Religious Values through Religious Tourism on the River As a Source of Social Studies Learning,” Al-Ishlah J. Pendidik., vol. 13, no. 3, pp. 1663–1669, 2021.

A. Zahir, R. Nasser, S. Supriadi, and J. Jusrianto, “Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD kabupaten luwu timur,” J. IPMAS, vol. 2, no. 2, pp. 55–62, 2022.

C. Sinomi, “Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SD N 01 Muara Pinang Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan,” Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, 2022.

Meisin, “Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I dan IV Di SD N 17 Rejang Lebong,” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, 2022.

A. Samsudduha, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur,” Universitas Jambi, 2023.

S. Arikunto, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,” 2019.

A. Rukajat, Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung, Alfabeta, 2014.

L. J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif. Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Kemendikbud, “Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah,” 2022.

S. KSPSTK, “Tantangan Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka,” 2023. https://kspstendik.kemdikbud.go.id/read-news/tantangan-dalam-penerapan-kurikulum-merdeka

Downloads

Published

2024-02-11