PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 6 TUBAN

Authors

  • Khoirul Umam Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

ABSTRAK
Belajar merupakan proses aktivitas yang dilakukan dengan sengaja untuk melakukan perubahan sikap dan perilaku yang keadaanya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa dan bersifat menetap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII A di SMP Negeri 6 Tuban. Dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Tuban yang terdiri dari 32 siswa dalam 1 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan , tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam setiap siklus dan dilakukan berulang dengan langkah – langkah yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode discovery learning ini mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari tiap siklus yang dilaksanakan. Perincian rata – rata pretest siklus I rata – ratanya 56, 25 , pretest siklus II rata – ratanya 75, 00. Postest siklus I rata – ratanya 75, 25, postest siklus II rata – ratanya 83,13. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning ini dengan menggunakan metode – metode yang digunakan oleh peneliti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: discovery learning; kemampuan berpikir kreatif; hasil belajar

References

S. Maâ, “Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?,” Help. J. Bimbing. dan Konseling, vol. 35, no. 1, pp. 31–46, 2018.

N. I. Cintia, F. Kristin, and I. Anugraheni, “Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa,” Perspekt. ilmu Pendidik., vol. 32, no. 1, pp. 67–75, 2018.

S. Salmi, “Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips. 2 sma negeri 13 palembang,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 1–16, 2019.

N. S. Drastiawati, “Penggunaan Model Discovery Learning dengan Media Autocad untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Bahan 1 Jurusan Teknik Mesin Unesa,” J. Vocat. Tech. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 38–44, 2019.

E. Sri Widyastuti, “Penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi konsep ilmu ekonomi,” Pros. Semin. Nas., pp. 33–40, 2014.

S. Ninik, “PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KONSEP SAINS UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD BUNGA HARAPAN AIR SOLOK KECAMATAN BATIKNAU BENGKULU UTARA.” IAIN BENGKULU, 2020.

B. Y. Maharani, “Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA.” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW, 2017.

G. Rosarina, A. Sudin, and A. Sujana, “Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, 2016.

N. F. A. Azis, “PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MENJAGA KESELAMATAN DI PERJALANAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema Menjaga Keselamatan di Perjalanan Terha.” FKIP Unpas, 2017.

A. Pane and M. D. Dasopang, “Belajar dan pembelajaran,” Fitrah J. Kaji. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 3, no. 2, pp. 333–352, 2017.

Y. Febrianti, Y. Djahir, and S. Fatimah, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 121–127, 2018.

F. Fatimatuzahroh, L. Nurteti, and S. Koswara, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary,” J. Penelit. Pendidik. Islam., vol. 7, no. 1, pp. 35–50, 2019.

A. Maskanah, “PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERARAH UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR,” Pros. Pendidik. Profesi Guru Agama Islam, vol. 2, no. 2, 2022.

A. Widayati, “Penelitian tindakan kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 6, no. 1, 2008.

A. Sopian, “Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan,” Raudhah Proud To Be Prof. J. Tarb. Islam., vol. 1, no. 1, pp. 88–97, 2016.

Downloads

Published

2024-02-11