PERSEPSI KEPUASAN NELAYAN PURSE SEINE TERHADAP PENERBITAN DALAM PERIJINAN SATU PINTU DI UPT. PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BULU - TUBAN

Authors

  • Agus Suprihanto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftachul Munir Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pelabuhan, publik, nelayan

Abstract

Pelabuhan perikanan merupakan salah satu instansi publik yang bertujuan memberikan pelayanan terbaik dalam pemenuhan kepentingan masyarakat perikanan terutama nelayan sebagai pengguna fasilitas pelabuhan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dalam pelayanan dan mengetahui strategi pengembangan pelayanan yang ada di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu Kabupaten Tuban terkait Penerbitan Surat Rekom BBM, STBLK (Keberangkatan), Dan STBLK (Kedatangan), adapun Metodologi penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara, Analisis data menggunakan teori Miles and huberman, Hasil wawancara dan kuisioner dengan 15 orang responden pemilik/nahkoda kapal Purse Seine di peroleh data pengakuan bahwa nelayan alat tangkap Purse Seine merasa Sangat Puas ditunjukkan dari rata – rata variable pelayanan rekom bbm (X1), Pelayanan STBLKeberangkatan (X2), dan STBLKedatangan (X2), dan kepuasan pelayanan (Y), presentase jawaban Sangat Setuju (SS) rata-rata 56%, Setuju (S)=28%, dengan alasan mereka terbantu dalam mengurus persyaratan yang dibutuhkan untuk pembelian bbm dan kebutuhan keberangkatan melaut maupun setelah datang, da nada jawaban rata - rata Tidak Setuju (TS)= 16% dengan alasan : keterbatasan pembelian bbm dan Ketidak lengkapan dokumen kapal belum diperpanjang, sehingga merasa sulit dalam pengurusan dan tidak setuju dalam memberikan pengakuan.

References

Dandi, D. (2022). TA: KESESUAIAN SURAT PERSETUJUAN BERLAYAR (SPB) DAN SURAT TANDA BUKTI LAPOR KEDATANGAN KAPAL (STBLKK) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) CILACAP. Politeknik Negeri Lampung.

Gunawan, F., & Hastuti, H. B. P. (2018). Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Deepublish.

Guswanto, B., Gumilar, I., & Rostini, I. (2012). Analisis indeks kinerja pengelola dan indeks kepuasan pengguna di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. Jurnal Perikanan Kelautan, 3(4).

Juniarto, S. (2016). Perancangan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Pantai Blado Kecamatan Munjungan Trenggalek. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

MAHDIAH, D. (2015). PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT YAYASAN KEMASDA TERHADAP PERMBERDAYAAN KELOMPOK PEREMPUAN WIRAUSAHA TENUN SONGKET DI KECAMATAN TANJUNG BATU. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

MOHARYANDA, M. (2019). PROSEDUR PELAYANAN JASA DALAM KAITANNYA DENGAN OPERASIONAL KAPAL DI PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG. KARYA TULIS.

Nurhayatin, O. T., Mudzakir, A. K., & Wibowo, B. A. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Melaut Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Prigi Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5(1), 19–27.

Downloads

Published

2024-02-11