ANALISIS BILINGUALISME DALAM FILM LARA ATI KARYA BAYU SKAK

Authors

  • Nur linda Sari Unirow
  • Sarujin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Film, bahasa

Abstract

Bilingualisme adalah kata lain dari kedwibahasaan. Bilingualisme mengacu pada penggunaan dua atau lebih bahasa dalam masyarakat. Bilingualisme dalam penelitian ini diambil dari film “Lara Ati” yang disutradarai oleh Bayu Skak yang bernama asli Bayu Eko Moektito. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bilingualisme dalam film Lara Ati karya Bayu Skak, antara lain: (1) bentuk-bentuk bilingualisme, dan (2) faktor penyebab terjadinya bilingualisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif serta teknik penggumpulan data dokumentasi, simak catat, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, metode pada referensial. Objek dalam penelitian ini adalah Film Lara Ati Karya Bayu Skak yang di rilis pada 15 September 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bilingualisme dalam film Lara Ati Karya Bayu Skak terdiri dari dua bentuk bilingualisme yang terdiri dari (1) commoud bilingualism (bilingualisme majemuk), dan (2) coordinate bilingualism (bilingualisme koordinatif). Serta faktor yang mempengaruhi terjadinya bilingualisme pada film Lara Ati yang terdiri dari (1) siapa lawan bicaranya, (2) bagaimana bentuk bahasa yang digunakan, dan (3) kapan dan di mana bahasa itu digunakan. Bilingualisme majemuk ialah bilingualisme yang didasarkan pada bahasa yang lebih dominan digunakan dan pada film Lara Ati bahasa yang dominan digunakan adalah bahasa Jawa yang termasuk dalam bahasa pertama (B1) pemain film Lara Ati. Sedangkan bilingualisme koordinatif merupakan bentuk bilingualisme yang penggunaan kedua bahasanya sama baik atau sejajar, dan seimbang. Berdasarkan data di atas, dalam penelitian ini penggunaan bahasa pertama (B1) dan (B2) seimbang, pemain dalam film Lara Ati mahir dalam kedua bahasa, tergantung dengan siapa lawan bicara, kapan dan dimana, Yaitu Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Terlihat pada penggunaan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

 

Kata Kunci:Bilingualisme, Bentu-bentuk bilingualism, Film Lara Ati.

References

Abdul Ngalim. 2018. Integrasi Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia Berbasis Media Komunikasi Elektronik Internet. Surakarta: PIBSI XL.

Ali I. 2020. Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Anggun. 2020. Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset Solo.

Asri. 2020. Penerpan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama. J Berajah. Vol. 1 No.

Chaer, Abdul & Agustina L. 1995. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmianti. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tangerang. J Techno Nusa Mandiri. Vol. 14 No.

Jamilah. 2021. Analisis Bilingualisme dalam Film Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Rizal Mantovani. [place unknown]: IAIN Madura.

Kencana Putri SA. 2020. Kedwibahasaan Pada Novel Love Sparks In Korea Karya Asma Nadia dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Basastra. J Bhs Sastra dan Pengajarannya. Vol 8 No.2.

Lubis HH. 1991. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Oktavianus. 2013. Bahasa yang Membentuk Jati Diri dan Karakter Bangsa. J Arbitrer. Vol. 1 No.

Satomi A. 2018. Integrasi Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Berbasis Media Komunikasi Elektronik Komputer. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sidiq U& C. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. J Chem Inf Model. Vol. 53 No.

Suhariyadi. 2014. Beberapa Alternatif Model Penelitian Sastra. Tuban: Prosceding Unirow Tuban.

Sukirman. 2021. Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Suatu Tinjaun Sosiolinguistik). J Konsepsi. Vol. 9 No.

Tarigan HG. 2009. Metodologi pengajaran bahasa 2. Bandung: Angkasa.

Zaim M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS UNP Press.

Downloads

Published

2024-02-11