PENGEMBANGAN MEDIA COUNTING BOX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN KELAS 1 SD

Authors

  • Syakhshiyatun Qoyimah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Jln. Manunggal No. 61 Tuban, Jawa Timur 62391
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Counting Box, Syakhshiyatun Qoyimah, universitas PGRI ronggolawe Tuban

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor kurangnya penggunaan media dalam mata pelajaran matematika pada materi penjumlahan. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan hal tersebut menyebabkan pembelajaran terasa monoton sehingga siswa kurang minat dalam pembelajaran matematika. Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dimengerti karena harus berhadapan dengan angka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan fokus pada aspek pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yakni analyze, design, development , implement, dan evaluation. Tujuan dari pengembangan media Counting Box ini yakni untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media saat di implementasikan. Kevalidan dari media Counting Box diperoleh dari nilai yang didapatkan saat validasi kepada validator ahli materi, dan memperoleh skor presentase 95,5%, hasil dari validasi kepada validator ahli media 91%. Dari hasil tersebut, pengembangan media Counting Box termasuk dalam kriteria valid. Uji keefektifan media Counting Box dilakukan dengan memberikan soal tes kepada siswa setelah media Counting Box diimplementasikan. Dari 24 jumlah keseluruhan siswa kelas 1, terdapat 3 siswa yang belum mencapai KKM, keefektifan media memperoleh presentase 87,5%, termasuk dalam kategori efektif. Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru, dan memperoleh skor presentase 96% dan dari angket respon siswa 91%, dari perolehan presentase tersebut maka kepraktisan media Counting Box termasuk dalam kategori sangat praktis. Data yang dihasilkan dari validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa media Counting Box yang dikembangkan untuk mata pelajaran matematika materi penjumlahan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Agustin, K. A., & Alfiyah, H. Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran "Kotak Berhitung" untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Kelas III MI/SD. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6, 63-73..

Andriani. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Kotak Berhitung (KOBER) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II MI Muhammadiyah Tonrokombang. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hidayah, D. E. (2022). Pengembangan Gabook (Galaxy Book) untuk siswa kelas VI MI Muhammadiyah 07 Sendangharjo. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Karimah, Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9, 123-129.

Kartini, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berhitung Sebagai Media Pembelajaran Berhitung. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, (hal. 227-234). Jakarta Timur. Dipetik Maret 22, 2023

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Dipeonegoro Banyuputih. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 310-319.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadits, Syari'ah dan Tarbiyah, 03, 171-187.

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sa'dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 46-51.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literartue Review : Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 30-43.

Repni, Efendi, R., & Siregar, P. S. (2022). Penerapan Media Counting Box (Kotak Berhitung) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal DIKDAS BANTARA, 125-135. Dipetik Maret 22, 2022

Rozi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Counting Box Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 (Satu) SDN 1 Kekait. Renjana Pendidikan Dasar, 227-231. Dipetik Maret 22, 2022.

Santoso, E., Suryani, I., & Jayanti. (2023). Penerapan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SD Negeri 3 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5655-5560.

Setyaningrum, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Box Berhitung Perkalian Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. Lucerna : Jurnal Riset Pendidkan dan Pembelajaran, 1, 28-33. Dipetik 3 23, 2023, dari https://journal.actualinsight.com/index.php/lucerna/article/view/122

Widiada, I. G., Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana "Kotak Hitung" Pada Tema Lingkunganku Bidang Matematika Di Kelas II SD Negeri 2 Liligundi. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 110-122.

Wiranda, D., & Ardisal. (2021). Pengembangan Media Kotak Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Peserta Didik Diskalkulia. Journal of Basic Education Studies, 4, 998-1005.

Downloads

Published

2024-02-11