Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Pada Bidang Keperempuanan Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Di Kabupaten Tuban

Authors

  • Rifatul Sholihah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Nibrosu Rohid Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Gaya; Komunikasi; Kepemimpinan; Perempuan;

Abstract

Sejak lama pemimpin hanya diidentikkan dengan laki-laki saja dan bukan perempuan, karena memang fokus mengembangkan karir diperuntukkan kepada laki-laki dan perempuan hanya fokus pada tanggung jawabnya dirumah, namun pada dasarnya laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama untuk menjadi seorang pemimpin. Perempuan saat ini tidak lagi dianggap lemah dan selalu diposisikan digaris belakang, tapi perempuan bisa maju tampil di garis depan dan setara dengan laki-laki. Oleh karena itu, dengan semakin banyaknya perempuan yang sukses menjadi pemimpin, pastinya pemimpin perempuan memiliki gaya komunikasi kepemimpinan tersendiri sehingga bisa mempertahankan eksistensinya menjadi seorang pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi kepemimpinan perempuan pada bidang keperempuanan organisasi mahasiswa ekstra kampus di Kabupaten Tuban yang masing-masing organisasi memiliki ideologi yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana analisis data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk paparan dan penggambaran mengenai situasi atau kondisi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Penelitian ini menggunakan teori gaya komunikasi menurut Steward L. Tubss dan Sylvia Moss, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat kesamaan dan perbedaan gaya komunikasi kepemimpinan perempuan pada bidang keperempuanan organisasi mahasiswa ekstra kampus di Kabupaten Tuban. Persamaan terdapat pada IMM dan PMII yang menggunakan dua gaya komunikasi yang sama, yaitu The Equalitarian Style dan The Relinguishing Style. Sedangkan GMNI juga menggunakan dua gaya komunikasi yang sama dengan yang digunakan oleh IMM dan PMII tersebut, tetapi letak perbedaannya adalah GMNI menggunakan satu lagi gaya komunikasi yaitu The Controlling Style.

References

Widjaja, A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta

Bunker. Dkk. (1983). Gender, Self Confidence, and Influence Strategies: An Organizational Simulation. Journal of Personality and Social Psychology.

Sahban, H. (2016). Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi.

Bass, B. M. Handbook of leadership: Theory, research & managerial applications (3rd Ed). New York: The Free Press; 1990

Effendy, Ujana. Onong.2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Devito, Joseph A. 1986. The Interpersonal Communication Book. New York : Harper & Row.

Lasswell, Harold. 1960. The Structure and Function of Communication in Society, Urbana: University of Illinois Press.

Saphoere, Dianne Hofner, Babara Kappler Mikk, dan Basma Ibrahim DeVries. 2005. Communication highwire: leveraging the power of diverse communication styles. Boston: Intercultural Press.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bass, Bernard M. 1990. From Transactional to Transformational Leadership: Learning to Share the Vision. Organizational Dynamic, Elsevier Vol 3 No 1.

Haryono Sudriamunawar. 2006. Kepemimpinan, Peran Serta dan Produktivitas. Cetakan I. Bandung: Mandar Maju.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metode Penelitian Kaualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Bagong, Suyanto. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana Prenanda Media Group.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J.2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Affandi, N. R. D., Hartawan, Y., & Aqilah, L. S. Z. Al. (2022). Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 249–257.

Anggriawan, F. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT PERUSAHAAN Listrik Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(4), 260–274.

Fitriani, A. (2015). Dosen Tetap Non PNS Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung. Gaya Kepemimpinan Perempuan, 11(2), 23. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/TAPIs/article/view/845

Mustaghfiroh, M., Mustiningsih, M., & Sumarsono, R. B. (2021). Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 787. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14849

Putra, A. A., Supratman, L. P., Telkom, U., Komunikasi, G., & Barat, J. (2016). Gaya Komunikasi Manager Personal Service Pada Officer Personal Service di PT . Telekomunikasi Indonesia Divisi Regional III Jawa Barat 1 . TINJAUAN PUSTAKA Gaya Komunikasi. E-Proceeding of Management, 3(3), 3749–3754.

KUMPARAN, “Kepribadian dan Kepemimpinan Perempuan”. https://kumparan.com/marjono-1591148869369739290/kepribadian-dan kepemimpinan-perempuan-1vEt09QtBP6/full

KBBI, “Komunikasi”. https://kbbi.web.id/komunikasi

STUDILMU, “Gaya Berkomunikasi”. https://online.studilmu.com/blogs/details/5-gaya berkomunikasi

MAGLEARNING, “Kelemahan dan Kelebihan Pemimpin Wanita”. https://maglearning.id/2022/10/10/kelemahan-dan-kelebihan-pemimpin-wanita/ (diakses

GAJIGESA, “Tantangan Pemimpin Wanita”. https://gajigesa.com/tantangan-pemimpin-wanita/

DPPGMNI, “Tentang GMNI”. https://dppgmni.org/tentang-gmni/

WIKIPEDIA, “Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah”. https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Mahasiswa_Muhammadiyah

PMII, “Pmii”. https://pmii.id/

Downloads

Published

2024-02-11