PERSEPSI KEPUASAN PEKERJA BONGKAR TERHADAP SISTEM KERJA DAN KESELAMATAN PADA PROSES BONGKAR MUAT IKAN DI PPN BRONDONG

Authors

  • Ibtasamal Masrur Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan Penelitian untuk mengetahui persepsi kepuasan pekerja bongkar tentang sistem kerja bongkar muat ikan yang sesuai dan untuk mengetahui persepsi kepuasan pekerja bongkar tentang keselamatan pada proses bongkar ikan. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Metode ini dianggap relevan dan sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan untuk menganalisis objek penelitian secara jelas dan memahami fenomena objek penelitian secara mendalam. Penelitian dilakukan di PPN Brondong dengan obyek penelitian para pekerja bongkar, Penelitian dilakukan pada tanggal 23 juni sampai tanggal 21 juli 2023. Teknik Pengumpulan Data dengan melakukan Wawancara, Observasi, Kuisioner, Dokumentasi. Dari hasil penelitian (X1) sistem kerja, Menunjukan bahwa kerja bongkar ikan mudah dilakukan, dari total responden pekerja bongkar mengenai sistem kerja memiliki presentase sebesar 80% responden menjawab setuju dan pembongkaran ikan harus dilakukan dengan cepat memiliki presentase sebesar 57,5% responden menjawab sangat setuju, Sedangkan (X2) keselamatan kerja, Menunjukan bahwa penggunaan sepatu karet agar tidak jatuh dan terpleset pada saat bekerja memiliki presentase 77,5% responden menjawab setuju dan penggunaan sarung tangan agar tidak tertusuk tulang ikan atau tertimpa muatan memiliki presentase 77,5% setuju, Sedangkan mengenai (Y) kepuasan pekerja bongkar tentang sistem kerja dan keselamatan, Menunjukan bahwa upah atau gaji yang diberikan oleh pemilik kapal (juragan) sesuai memilliki presentase sebesar 100% responden menjawab setuju dan tingkat keamanan lingkungan kerja tinggi memiliki prsentase sebesar 80% responden menjawab tidak setuju.

Kata Kunci : Persepsi, Pekerja Bongkar, Sistem Kerja, Keselamatan.

References

W. Rahmawati, “Pengembangan Pelabuhan Perikanan Dalam Rencana Penyerapan Tenaga Kerja Masyarakat Pesisir (Studi Pada Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan).” Brawijaya University, 2014.

E. Lubis, Pelabuhan perikanan. PT Penerbit IPB Press, 2019.

A. Suherman, A. Rosyid, and H. Boesono, “Pelabuhan Perikanan,” 2012.

B. P. Silalahi, B. H. Iskandar, and F. Purwangka, “Intensitas Kerja Aktivitas Layanan Bongkar Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga,” ALBACORE J. Penelit. Perikan. Laut, vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2018.

M. Basuki, P. A. I. Kusuma, and Z. Soares, “Penilaian resiko operasional pelayanan bongkar muat kapal Di pelabuhan dili, timor-leste,” Teknoin, vol. 22, no. 8, 2016.

G. W. Utama and P. I. Santosa, “ANALISA RISIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) BONGKAR MUAT DI PELABUHAN MAYANGAN, PROBOLINGGO,” J. Sumberd. Bumi Berkelanjutan, vol. 1, no. 1, pp. 111–118, 2019.

I. Irfaniyanti, T. Rachman, and C. Paotonan, “Identifikasi Keselamatan Kerja Kegiatan Bongkar Muat Ikan Di Pelabuhan Paotere,” SENSISTEK Ris. Sains dan Teknol. Kelaut., vol. 2, pp. 105–111, 2019, [Online]. Available: https://journal.unhas.ac.id/index.php/SENSISTEK/article/view/13225.

O. T. Nurhayatin, A. K. Mudzakir, and B. A. Wibowo, “Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan terhadap Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Melaut di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur,” J. Fish. Resour. Util. Manag. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 19–27, 2016.

W. JUWITA and J. P. IKAN, “PROSEDUR PEMBONGKARAN DAN PENANGANAN HASIL TANGKAPAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA.”

W. BAYU, “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA TAMBANG PASIR GALI DI DESA PEGIRINGAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013,” Skripsi, Fak. Kesehat., 2014.

S. Daryanto, “pedoman Praktis K3LH,” Yogyakarta Gava Media, 2018.

A. K. Djam’an Satori, “Metode Penelitian Kualitatif,” Bandung. Alf., 2011.

L. J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan XXIX,” Bandung PT. Remaja, Rosdakarya, 2011.

S. Arikunto, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,” 2013.

Z. Arifin, “Model penelitian dan pengembangan,” Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Downloads

Published

2024-02-11