Perbandingan Media Online Kompas.com dan Tempo.co dalam Pemberitaan Batalnya Pagelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia

Authors

  • Nur Malinda Ulfa Unirow
  • Satya Irawatiningrum UNIROW

Keywords:

Analisis framing; batalnya piala dunia u20; kualitatif deskriptif; media massa; media online;teori Robet N Entman

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh pemberitaan media massa khususnya media online mengenai pemberitaan batalnya piala dunia. Dalam hal ini, peneliti melihat fenomena pemberitaan dan menyimpulkan permasalahan yang muncul dalam penelitian yaitu tentang bagaimana konstruksi media massa membingkai isu terkait batalnya piala dunia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, peneliti menggunakan metode analisis framing. Analisis framing sendiri merupakan pendekatan untuk mengtahui prespektif atau cara pandang yang digunakan wartawan dalam menyeleksi dan menulis berita. Teori analisis framing ini terdapat 4 konsep yaitu, define problems, diagnose cause, make moral jugdment, dan traetment recommendation. Dalam penelitian ini Kompas dan Tempo mampu memenuhi beritanya kedalam konsep analisis framing Robert N Entman. Bedasarkan hasil penelitian Kompas dan Tempo membingkai berita tersebut ke masalah sosial, ekonomi, politik, media sendiri di anggap memiliki kekuasaan untuk menentukan sudut panjang beritanya.

References

Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung : Rosdakarya.hlm 162.

Asep Saiful Muhtadi, Pengantar Ilmu Jurnalistik, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016), hlm 79.

Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung. : Nuansa Cendikia hal. 23.

Eriyanto, 2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media. Yogyakarta: Penerbit LkiS. Hlm 68 Eriyanto, 2002.

Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media. Yogyakarta: Penerbit LkiS. Hlm 189-190 Fiorentina, Regia.

Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Diterjemahkan oleh: Agus Dharma dan Aminuddin Ram. Jakarta: Erlangga hal.66

Moh. Kusnardi dan Harmaily Ibrahim, Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia, PSHTN FH UI (Jakarta, Sinar Bakti, 1988), hlm 153. 132

Soyomukti,nurani. 2010, Pengantar ilmu komunikasi, yogyakarta : arruz media Stephen W. Littlejohn, Theories of Human Communication 9th ed tahun 2008 hal. 285 Sugiyono. (2016).

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Hlm 9. Suprapto, Tommy. 2006.

Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta : Media Pressindo. Hal 13. JURNAL Suprobo, Tari dkk. 2014.

Downloads

Published

2024-02-11