NARASI BATIK SEMANDINGAN MOTIF TAMBAL KANOMAN DI KABUPATEN TUBAN: PERSPEKTIF STRUKTUR MARANDA

Authors

  • SELY ARDIANA Universitas PGRI Ronggolawe
  • Suantoko Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Batik Semandingan; Fungsi, Narasi; Struktur Naratif; Terem

Abstract

Setiap daerah tentu memiliki ciri khas pada setiap tradisi yang dimiliki. Tidak hanya tradisi melainkan sebuah hasil karya yang dapat menjadikan identitas budaya pada daerah tersebut, salah satunya batik. Motif merupakan unsur terpenting dalam batik. Dari motif tersebut, dapat diketahui apakah batik memiliki roh atau tidak. Adanya narasi pada Batik Semandingan di Kabupaten Tuban memberikan kesan dan nilai yang tinggi terhadap setiap motifnya. Narasi yang terdapat dalam Batik Semandingan sebagian kisahnya memiliki cerita rakyat yang menginspirasi dan mengandung nilai budaya daerah. Tujuan dalam penelitian ini berupaya untuk mengetahui pokok pembahasan yaitu terem (term) dan fungsi (fungtion) naratif Batik Semandingan Motif Tambal Kanoman di Kabupaten Tuban ala Maranda. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Struktural. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis menggunakan analisis data Maranda yaitu terem (term) dan fungsi (fungtion) dengann memadukan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terem (term) dan fungsi (fungtion) dalam narasi Batik Semandingan motif Tambal Kanoman memiliki dua versi alur cerita yang berbeda. Akan tetapi memiliki kesamaan fungsi yang ditemukan yaitu membahas tentang perjuangan, gotong royong dan kerja keras. Selain itu, unsur kebaikan lebih dominan dalam alur cerita, berupa pandangan hidup bermasyarakat bahwa manusia harus berdampingan, berjuang, dan tolong menolong.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anshori, Yusak, Adi Kusrianto. (2011). Keeksotisan Batik Jawa Timur Memahami Motif Dan Keunikannya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ciptandi, Fajar, Agus Sachari, Achmad Haldani. (2016). Fungsi Dan Nilai Pada Kain Batik Tulis Gedhog Khas Masyarakat Di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. PANGGUNG Jurnal Seni Budaya volum 26.

Endraswara, Suwardi. (2017). Sastra Etnografi: Hakikat dan Praktik Pemaknaan. Yogyakarta: Morfalingua.

Endraswara, Suwardi. (2018). Antropologi Sastra Lisan Perspektif, Teori, & Praktik Pengkajian. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Hidayat, Moh. Fathul, Endang Fardiansari. (2016). Spenentuan Hari Baik Sebagai Sistem Budaya Jawa (Studi Kearifan Lokal Dalam Budaya Di Desa Genaharjo, Semanding, Tuban). Universitas Ahmad Dahlan.

Khuljannah, Mifta, Sucipto , Dan Boedi Martono. (2020). Struktur Naratif Legenda Candi Pari Dan Candi Sumur Di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Silampari Bisa volum 3.

Koeswinarno. (2015). Etnografi Sebagai Penelitian Kualitatif. Jurnal SMART volum 1.

Marzuqi, Ahmad. (2015). Penciptaan Motif Batik Sebagai Ikon Kabupaten Lumajang. Stikom Surabaya.

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Spradley, J.O. (1997). Metode Etnografi. (diterjemahkan oleh Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suantoko. (2016). Fungsi Sastra Lisan “Tanduk” Masyarakat Genaharjo Kabupaten Tuban Bagi Masyarakat Pendukungnya. Jurnal JPBS.

Suantoko, Agus Wardhono. (2020). Peta Kognitif Dalam Ritual Budaya Olah Tetanen Masyarakat Adat Genaharjo Kabupaten Tuban. LINGUA FRANCA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya volum 4.

Sudikan, S.Y. (2001). Metode Penelitian Kebudayaan. Surabya: Citra Wacana.

Trijaya Apriyani, Kurnia, Imam Setyobudi, Sriati Dwiatmin. (2021). Motif Batik Sebagai Ikon Dan Mitos Baru Identitas Kabupaten Lebak. Jurnal Budaya ETNIKA volum 5.

Yoseph. (2010). Teori-Teori Analisis Sastra Lisan: Strukturalisme Levi-Strauss. Universitas Sanata Dharma.

Yoseph. (2011). Studi Sastra Lisan: Sejarah, Teori, Metode, dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Yogyakarta: LAMALERA.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Strukturalisme. FBS UNP Press Padang.

Downloads

Published

2024-02-11