PENGARUH KOMPENSASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MP PUTRA GALUH KRADENAN

Authors

  • Bisri Musthofa Musman PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Muhammad Yusuf Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kompensasi; Gaya Kepemimpinan; Kinerja karyawan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di MP Putra Galuh Kradenan baik secara parsial maupun simultan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode skala likert. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, statistic Deskriptif, Uji Normalitas, Regresi Linier Berganda, Uji F, dan Uji T. Adapun hasil penelitian ini dengan menggunakan perhitungan statistik melalui aplikasi Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 23, menunjukkan bahwa nilai t untuk variabel Kompensasi (X1) t hitung lebih besar dari t tabel (2,524 > 1,040) dan nilai signifikan sebesar 0,002<0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa variabel kompensasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Dan nilai t untuk variabel Gaya Kepemimpinan (X2) menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (1,954>2,012) dan mempunyai nilai signifikan sebesar 0,004<0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Sedangkan dua variabel X yakni kompensasi (X1) dan gaya kepemimpinan (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap variabel (Y) Kinerja Karyawan di MP Putra Galuh Kradenan.

References

Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40.

Gustini, W., & Pangestu, E. R. (2019). PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE (PERSERO) DI BANDUNG (Studi Pada Karyawan PT. Primarindo Asia di Bandung). Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

INDONESIA, S. N. (n.d.). PENGARUH SEMANGAT KERJA, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI.

Kurniawa, Y. F. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Karyawan di CV Anugerah Jaya. Agora, 6(2).

Majid, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Dosen dan Pegawai STIKes Muhammadiyah Lamongan. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(1), 21–30.

Nidhomuddin, M. (2018). Pengaruh Komunikasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan CV. Bhandit Thailand Kabupaten Lumajang.

Nugroho, A. D. (2015). Pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan PT Business Training and Empowering Management Surabaya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 4(2), 4–14.

Ramadanu, R. (2020). Analisis Produktivitas Kerja Karyawan PT. Johan Sentosa Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Universitas Islam Riau.

Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197–209.

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Suwaji, R., & Sabella, R. I. (2019). Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap Retensi karyawan PT. Aerofood ACS Kota Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 3(10), 976–990.

Syahputra, M. E., Bahri, S., & Rambe, M. F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tarukim Labura. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 110–117.

Wijaya, I., & Irwansyah, I. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Penanaman Modal dan Promosi Provinsi Sumatera Utara. Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2).

Amirullah, S. M. (2015). Populasi dan Sampel. Malang: Bayumedia Publishing Malang.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian. (Edisi Revisi Tahun 2021) (Issue September).

Umar, H. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisni.. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2024-02-11