ANALISIS KETERCAPAIAN PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA(SUARA DEMOKRASI) DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS PERIODE 2022/2023 DI SMP NEGERI 1 KEDUNGPRING

Authors

  • Nur Fadzila Rahmasari Dzila IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Ernia Duwi Saputri IKIP PGRI Bojonegoro
  • Heru Ismaya IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Kata Kunci: Ketercapaian; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Pemilihan Ketua OSIS

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema (Suara Demokrasi) dalam pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 di SMP Negeri 1 Kedungpring. Permasalahan yang peneliti dapatkan saat melakukan wawancara awal adalah sistem demokrasi sekolah yang dikemas dalam Pemilihan Ketua OSIS periode 2021/2022 kurang mengena pada siswa-siswa sehingga Pemilihan Ketua OSIS tidak bisa berjalan dengan lancar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini akan menggunakan teknik analisis data berawal dari reduksi data, penyajian data, dan sampai ke kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema(Suara Demokrasi) dalam pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 di SMP Negeri 1 Kedungpring tercapai dibuktikan dengan 3 point yang telah dijelaskan pada hasil pembahasan: Pertama, peran siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan fasilitator pendamping kelas sebagai lembar kerja siswa. Hal itu dilakukan melalui memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kedua, peran siswa dalam berfikir kritis pada tiap-tiap rangkaian proses pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ialah mendorong siswanya untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan jawaban yang logis dan benar. Ketiga, peran siswa dalam merencanakan, mengeksplorasi pikiran, dan menuangkannya pada saat pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ialah tugas fasilitator pendamping kelas untuk membantu mensukseskan menuangkan ide siswa supaya siswa paham akan bagaimana sistem demokrasi di sekolah yang benar. Jika siswa terbiasa menerapkan setiap tahun maka sistem demokrasi di sekolah akan semakin bagus.

References

Kemendikbud Ristek, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan, 2021b.

Kemendikbud Ristek, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan, 2021a.

SAPUTRI, Ernia Duwi, Sistem Hukum Berkeadilan Gender Sebagai Arah Pembangunan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 2022, 6.3: 6405-6414

Kemendikbud Ristek, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan, 2022.

Vanisha, Dinda Ayu, “ANALISIS KETERLAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA (KEARIFAN LOKAL) KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2022.

ROHMAN, Nur; ISMAYA, Heru; AGUSTIANI, Rika, Penerapan Pembelajaran Online Group Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil Belajar Siswa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2021, 9.2: 393-408.

Ernawati, Y., & Puji Rahmawati, F, Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2022, 5(3), 1683–1688.

Putra, Cahyo Aulia Andi, Trisakti Handayani, and Budiono Budiono,"Analisis Ketercapaian Penerapan Kebijakan RPP Satu Lembar Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Malang." Jurnal Civic Hukum 7, 2022, no. 1.

Arikunto, “Prosedur Penelitian”, Rineka Cipta, 2018.

Suharsimi, “Penelitian Kualitatif”, Rineka Cipta, 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Alphabet Sugiyono, 2019.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Alphabet Sugiyono, 2016.

Moleong, L. J, “Metode Penelitian Kualitatif”, PT RemajaRosdakarya, 2020.

Huda, Nizlel, and Angel Gustina Kencana. "Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi." Prosiding Semirata, 2013 1, no. 1.

Rijali, Ahmad. "Analisis data kualitatif." Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81-95.

Downloads

Published

2024-02-11