PENGARUH POLA KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KADER PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) DI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE (UNIROW) TUBAN

Authors

  • Abid Arrohman Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Kholid Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pola Komunikasi Organisasi, Prestasi , PMII

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seberapa besar pengaruh pola komunikasi organisasi terhadap prestasi kader PMII di Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan pola komunikasi organisasi terhadap prestasi yang didapatkan oleh mahasiswa yang tergabung di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner melalui goggle form. Penelitian ini menggunakan teori hubungan manusia. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban, dengan sampel penelitian 55 responden yang tersebar dari seluruh program studi yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus korelasi dari pearson. Hasil korelasi penelitian ini di angka 0,76 menunjukkan jika terdapat pengaruh yang kuat dari pola komunikasi organisasi terhadap prestasi. Hasil uji t hitung yakni 8,5 dan t tabel 2,005746, maka bisa diartikan H0 ditolak dan H1 diterima karena t hitung lebih besar dari pada t tabel. perbandingan itu membuktikan bahwa terdapat pengaruh pola komunikasi organisasi terhadap prestasi kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban.

References

D. Mulyana, Membongkar budaya komunikasi. Rosda, 2017.

R. Kriyantono, Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspekfif Islam. Prenada Media, 2019.

R. Septiwirawan, M. Z. Arifin, and D. Zulfiani, “upaya pengembangan wisata bahari di pulau Maratua oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Berau,” J. Adm. Publik, vol. 8, no. 3, pp. 9290–9302, 2020.

G. A. M. Putri, S. P. Maharani, and G. Nisrina, “Literature View Pengorganisasian: SDM, Tujuan Organisasi dan Struktur Organisasi,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 286–299, 2022.

I. D. Hasanti, “Analisis Komunikasi Organisasi Antara Event Project Team dan Account Executive di Event Organizer Twisbless,” J. Komunika J. Komunikasi, Media Dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 32–41, 2019.

B. Rohiyatun and M. Aryani, “Peran Ketua Program Studi Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS),” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 4, no. 4, 2020.

A. Hadziq, “Nasionalisme Organisasi Mahasiswa Islam dalam Menangkal Radikalisme di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta,” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, vol. 4, no. 1, pp. 50–59, 2019.

N. Lestiana, “Peran Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Semarang Dalam Meningkatkan Kepemimpinan Mahasiswa,” Fak. Ilmu Sos. Univ. Negeri

Downloads

Published

2024-02-11