Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Animasi untuk menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sudan

Authors

  • Anis Masuka Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

camtasia, matematika, balok dan kubus, multimedia interaktif, artikel

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang seharusnya menggunakan media pembelajaran adalah matematika pada materi balok dan kubus. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sudan, menunjukkan kurang minatnya siswa pada pelajaran matematika. Siswa mendapatkan nilai rendah karena kurangnya respon terhadap arahan dari guru dan kurang konserntrasi saat belajar. Sehingga siswa tidak terlalu paham dengan penjelasan guru dan mengakibatkan nilai rendah pada mata pelajaran matematika khususnya materi balok dan kubus. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis animasi menggunakan aplikasi camtasia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Sudan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara guru dan observasi dari siswa dengan cara pre test dan postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sudan yang berjumlah 31 anak. Dengan menggunakan metode dari Thiagaraja 4-D melalui 4 tahap 1) Define 2)Design 3)Develop 4)Disseminate. Validator yang digunakan Hasil penelitian dan analisis data diperoleh melalui pretes mendapatkan rata-rata nilai siswa sebanyak 32,26 dengan persentase 0% di atas KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Sedangkan setelah menggunakan multimedia interaktif nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 89,03 dengan persentase 96,7% di atas KKM. Dari kedua Ahli validator juga menunjukkan kelayakan dari multimedia interaktif dengan perolehan nilai ahli media sebanyak 90,38% dan ahli materi sebanyak 89,03%. Ini membuktikan jika multimedia interaktif berbasis animasi ini sangat layak untuk menjadi media pembelajaran.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif; animasi; matematika balok dan kubus; hasil belajar; camtasia;

References

Juanda, Y. M., Hendriyani, Y., Hamka, J., Unp, K., & Padang, A. T, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Addie. Universitas Negeri Padang, 2022.

Fauziah (2016) Fauziah, F., Setiawan, D., & Rahadian, D., “Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa DI SMP Pada Mata Pelajaran IPS”, Cikajang, 2016.

Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, (2016)

Prastika, L. R., dkk., “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika”, Bandung, 2015

Suyanto, M., Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta, 2013

Ferawati, Model Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika pada Topik Fluida Dinamis, Proseding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta, 2018

Aninina, Indah Ayu, “Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah”, Universitas Negeri Semarang, 2014

Asmara, A. P., Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid, 2015

Fitriani, , N., Suryadi, D., & Darhim, The Students’ Mathematical Abstraction Ability through Realistic Mathematics Education with VBA-Microsoft Excel. Journal of Mathematics Education, 2018

Siti Nurhasanah, A. Sobandi. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. UPI Bandung, 2016

Rahman (2013)

Albert Maydiantoro, Model-model penelitian pengembangan. Jurnal pengembangan profesi pendidik, Universitas Lampung, 2021

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D, Bandung, 2016

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, Bandung, 2018

Moleong, L.J, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Rina Puji, “Pentingnya pengembangan media pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar”, STKIP PGRI Nganjuk, 2017

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, Bandung, 2018

Saka M. Revita, Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Sains dengan Menggunakan Software Camtasia Studio”, UIN Lampung, 2019

Downloads

Published

2024-02-11