Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di UD.Bulat Jaya Kerek-Tuban

Authors

  • Luluk Aprilia Rini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muhammad yusuf unirow

Keywords:

Lokasi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di toko bangunan UD.Bulat Jaya kerek-Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan UD.Bulat Jaya Kerek yang berjumlah 97 orang, dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada responden, wawancara, observasi, dokumentasi. Meode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistic, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier  berganda, uji hipotesis melalui uji t (parsial) dan uji f (simultan) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh secara parsial dimana Thitung (8,890) > Ttabel (1,985) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dimana Thitung (5,799) > Ttabel (1,985) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan variabel lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 64,1% dan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

References

Z. Ovidani and W. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Dafam Semarang,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 167–174, 2020, doi: 10.14710/jiab.2020.27277.

A. Ghufrony, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Retail Bahan-Bahan Bangunan Di Kecamatan Dungkek,” Perform. “ J. Bisnis Akuntansi,” vol. 5, no. 2, p. 14, 2015, doi: 10.24929/feb.v6i1.255.

M. Y. dan ahmad Mada, “Jakarta Timur Jakarta Timur,” Makara Kesehat., vol. 6, no. 2, pp. 59–65, 2023.

I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.

Sugiyono, “Sampel Jurnal,” Serv. Manag., pp. 33–42, 2015.

Muzhiroh, “Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat),” J. Ecodemica, vol. 25–30, p. 35, 2020, [Online]. Available: http://repository.stei.ac.id/1537/

A. Wulandari, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Mediasi Pada Rsud Dr. Moewardi di Surakarta,” J. Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 15, pp. 19–27, 2015, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:QcZUvV6bMUcJ:https://media.neliti.com/media/publications/79471-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep.pdf+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id

Downloads

Published

2024-02-11