Dampak Media Sosial YouTube pada Perkembangan Anak Usia Dini Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Tahun 2023 (Studi Kasus RT 02 RW 01 Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban)

Authors

  • Mamlu'atul Kamalia Unirow
  • Seviyenti Fikroh Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Dampak media sosial YouTube, anak usia dini, teori Sosial Kognitif

Abstract

perkembangan anak usia dini di RT. 02 RW. 01 Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Dampak ini meliputi dampak positif dan negatif. Metode yang dipilih adalah kualitatif dengan menggunakan teori Sosial Kognitif, yakni salah satu dari beberapa teori komunikasi massa yang dicetuskan oleh Albert Bandura. Dalam teori tersebut menjelaskan bahwa manusia dapat menirukan apa saja yang dia lihat dari media sosial maupun lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan tiga cara yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari tiga cara tersebut, peneliti memperoleh beberapa data seperti konten-konten yang sering ditonton oleh anak usia dini yang tinggal di lokasi penelitian, serta perubahan sikap positif maupun negatif. Namun di samping dampak positifnya dalam kehidupan sehari-hari, beberapa anak usia dini justru menikmati dampak negatif dari media sosial misalnya menggunakannya untuk membuka konten yang tidak baik serta pemakaian yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan anak usia dini menjadi lupa waktu dan kurang bersosialisasi dengan lingkungannya.


Kata kunci : Dampak media sosial YouTube, anak usia dini, teori Sosial Kognitif

References

Arifin, R.D. 2023. Pengertian Facebook beserta Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dll, (Online), (https://dianisa.com/pengertian-facebook/, diakses pada 9 Juni 2023)

Asmara, Berda. 2019. Bermain Sebagai Sarana Perkembangan Dan Belajar Anak. (Online). (https://duta.co/bermain-sebagai-sarana-perkembangan-dan-belajar-anak, diakses pada 9 Juni 2023)

Aisyah, Siti, dkk. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.

El Fiah, Rifda. 2017. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Rajawali Pers. Depok.

Fuaduddin. 1999. Pengasuhan Anak dalam Keluarga Islam. Lembaga Kajian Agama dan Jender, Solidaritas Perempuan. Jakarta.

Fatoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi. PT. Rineka Cipta. Bandung.

Hanggono, A.A., dkk. 2015. Aditya TAM (Technology Acceptance Model) dalam Mendukung Bisnis Online dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 26 No. 1

Henniger, M.L. 2009. The Importance of Motor Skills. Pearson Allyn Bacon Prentice Hall. (Online). https://www.education.com/reference/article/importance-motor-skills/, diakses pada 9 Juni 2023)

Hanifah, S.Z. 2023. Begini Akses Media Digital yang Sesuai untuk Tumbuh Kembang Anak! (Online). (https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/blog/begini-akses-media-digital-yang-sesuai-untuk-tumbuh-kembang-anak/amp/, diakses pada 9 Juni 2023)

Jumiatmoko. 2016. Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika, STIT Madina Sragen.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Rosdakarya. Bandung.

Morrisan, Corry, Andy, dan Hamid, Farid. 2012. Metode Penelitian Survei. Pernada Media Grup. Jakarta.

Mulyana, Dedi. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Rosda. Bandung.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial : perspektif komunikasi,budaya dan sosioteknologi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Palu, Shoope. 2021. Interaksi Antara Orang Tua dan Anak. (Online). (https://id.scribd.com/document/542570683/Makalah-INTERAKSI-ANTARA-ORANG-TUA-DAN-ANAK, dikases pada 9 Juni 2023)

Rahmawati, A.Y. 2019. Pengaruh Intensitas Menggunakan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Narsisme Remaja Muslim Komunitas Muser Jogja Squad. Universitas Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/

Ramdhan, Bagus. 2018. Inilah Perkembangan Digital Indonesia Tahun 2018. (Online). (https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesia-tahun-2018, diakses pada 9 Juni 2023)

Ridwan. 2017. Teori Albert Bandura : Full Lengkap. (Online).

(https://ridwan-2.blog.unesa.ac.id/teori-albert-bandura-full-lengkap/, diakses pada 9 Juni 2023)

Ridwan. 2004. Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintah/Swasta. Alfabeta. Bandung.

Soemarwoto, Otto. 2007. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Suratno, Gunawan, 2004. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Santrock, John. W. 2011. Masa Perkembangan Anak. Salemba Humanika. Jakarta.

Supriyanto, Rubi. 2021. Strategi Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Meningkatkan Kedisiplinan [24] Siswa Kelas III di SDN Kesatrian 1 Kecamatan Blimbing Kota Malang Melalui Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi Semester Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Widya Aksara. Vol. 26 No. 1

Susanto Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Penerbit Kencana. Jakarta.

Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak Edisi Revisi. Prenada Media Group. Jakarta.

Sholekhah, U.F. 2016. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. (Online).https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/ulilfikriatus/56fa960af87e61c10a48f25e/pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-usia-dini, diakses pada 9 Juni 2023)

Sruni.id.2022. Sisi Positif dan Negatif You Tube Terhadap Anak-Anak. (Online). (https://seruni.id/sisi-positif-dan-negatif-youtube-terhadap-anak-anak/, diakses pada 9 Juni 2023)

Studocu. 2023. Teori Sosial Kognitif. (Online). (https://www.studocu.com/id/document/universitas-komputer-indonesia/komunikasi/teori-sosial-kognitif/46249185/, diakses pada 9 Juni 2023)

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tambaruka, Apriadi. 2013. Literasi Media : cerdas bermedia khalayak media massa. PT Raja Grafindo. Jakarta.

Triastuti, Endah, Andrianto, Dimas, dan Nurul, Akmal. 2017. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial bagi Anak dan Remaja. Penerbit ECPAT. Jakarta.

Usman, Husaini & Akbar, Purnomo Setiadi. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.

Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakrya. Bandung.

Zarella, Dan. 2011. The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu. Jakarta.

Zahro, S.U. 2020. Pola Interaksi Anak Usia Dini dengan Teman Sebaya. (Online). (https://www.kompasiana.com/silviaumarotuzzahro/5e666b01d541df284b5ac175/pola-interaksi-anak-usia-dini-dengan-teman-sebaya, diakses pada 9 Juni 2023).

Downloads

Published

2024-02-11