Pengembangan media papan gambar untuk meningkat hasil belajar materi pancasila sebagai nilai sebagai nilai kehidupan kelas IV di SDIT Mumtazqul Qur'an merkawang
Keywords:
Media pembelajaran; papan gambar; pkn; pancasila sebagai nilai kehidupanAbstract
Penelitian ini dilakukan karena masih banyak masalah dilapangan yang membutuhkan contoh-contoh media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari penilitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa media pembelajaran papan gambar pada mata pelajaran PKN kelas IV sekolah dasar materi “ Pancasila“ produk media pembelajaran papan gambar ini dibuat dengan mengunakan program visual papan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ( R&D ). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan sepuluh langkah pengembangan BORG AND GALL, yaitu 1) studi perencanaan 2) perencanaan 3) pengembangan produk 4) uji lapangan awal 5) revisi hasil uji coba 6) uji coba lapangan utama 7) revisi hasil uji coba lapangan lebih luas 8) uji kelayakan 9) final hasil uji kelayakan 10) desiminasi. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan angket, observasi, kuesioner.Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran papan gambar pada mata pelajaran PKN kelas IV sekolah dasar materi ” pancasila sebagai nilai kehidupan ” yang mengandung papan, gambar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh dosen ahli, dan guru kelas IV menghasilkan skor rata-rata skor 97,5% dengan kategori ” sangat baik ”. Hasil validasi menunjukkan produk media pembelajaran layak di uji cobakan pada siswa. hasil uji coba lapangan menghasilkan hasil skor validasi ahli materi 86% dan ahli validasi media 83%. Dengan demikian produk media pembelajaran papan gambar pada materi pembelajaran PKN
References
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, Muh, R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Herman, Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustainti, R., & Kurniawan, A. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. Padang: GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. REMAJA ROSDAKARYA Bandung.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Gesmi, I., & Hendri, Y. (2018). Pendidikan Pancasila. Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia.
Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Nusa Tenggara Barat : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Hasan, M., Milawati, Khairani, Harap, T., Tahrim, T., Mufit, Anwari, A., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. made. (2021). Media Pembelajaran. Klaten : Tahta Media Group.
Ilham, D. (Ed.). (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : Kampus IAIN Palopo.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur : Bintang Sutabaya.
Malik, A., & Chusni, M, M. (2018). Statistika Pendidikan. Yogyakarta : Budi Utama.
Nuryami, Setiowati, J., & Mudmainah. (2020). penerapan Media Papan Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4), 840–851.
Sandu, S., & M, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.
Somantri, Lufita, U., Isnaeni, Lasarni, I., Amaliya, & Wira, Atmaja, R. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Papan Bergambar Dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Peserta Didik. Journal Of Basic Education, 4(1), 50–57. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase Efektivitas
Suratno, U., Suardja, T. O., Yamin, S., Kartini, M., & Rosyad, A. M. (2020). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Penerbit K-Media.
Winarno. (2016). PENDIDIKAN PANCASILA. Jakarta: Bumi Medika.
Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Cercular Model of RD & D. Jogjakarta : KBM Indonesia.